5 Selebriti yang Dikecam karena Bergaya Pakai Kulit Ular Piton

Hestianingsih - wolipop Jumat, 31 Mar 2017 17:15 WIB
Foto: Vogue
Jakarta - Produk fashion berbahan kulit hewan kerap menjadi favorit selebriti. Sebut saja tas, pakaian hingga sepatu. Kecintaan mereka terhadap kulit hewan-hewan eksotis seperti ular dan buaya juga tak lepas dari kritik. Sejumlah selebriti dunia sempat menjadi sasaran protes para pencinta hewan karena memakai produk dari binatang langka, salah satunya ular piton. Ini lima selebriti yang dikecam akibat menjinjing tas dari kulit asli ular piton.

1. Reese Witherspoon
Foto: Getty Images, ist.

Bintang film 'Legally Blonde' ini pernah dikecam PETA karena tertangkap kamera memakai tas yang terbuat dari kulit ular piton pada 2011. Tas bernama Paraty keluaran brand Chloe itu berwarna cokelat, dan dibanderol seharga USD 4.000 atau Rp 53 jutaan. Seperti dikutip dari Daily Mail, jual-beli kulit ular piton dikategorikan sebagai ilegal di California, Amerika Serikat.

"Tak peduli berapa banyak Reese membayar untuk tas itu, hewan-hewan tersebut harus membayar dengan harga yang jauh lebih tinggi. Setiap tahun, jutaan ular ditusuk atau digantung atau dipaku kepalanya untuk dikuliti hidup-hidup," tukas juru bicara PETA.

2. Victoria Beckham
Foto: Getty Images, ist.

Penyanyi yang alih profesi jadi desainer ini pernah membuat para aktivis pembela binatang geram. Vic disebut-sebut menggunakan aksesori yang terbuat dari kulit binatang langka untuk melengkapi koleksi terbaru dari brand busananya, Victoria Beckham. Ibu empat anak itu merilis tas yang terbuat dari kulit buaya, burung unta dan ular piton. Salah satu produk yang dirilisnya pada 2015, adalah satchel punk berbahan kulit piton yang ditawarkan seharga Rp 40 jutaan. PETA menyayangkan tindakan Vic tersebut karena para hewan kerap diperlakukan secara kejam untuk diambil kulitnya.

3. Beyonce
Foto: Getty Images, ist.

Beyonce memakai kostum yang terbuat dari ular piton dan iguana saat konser di Super Bowl pada Februari 2013. Akibatnya, istri rapper Jay-Z ini juga jadi sasaran kecaman PETA. Sang desainer, Rubin Singer, menciptakan jostum bodysuit berwarna hitam itu dari kulit berbagai hewan eksotis, dua diantaranya piton dan iguana.

"Tren fashion sekarang ini menawarkan banyak pilihan berbasis bahan vegan, dan kostum Beyonce di Super Bowl kehilangan poin dari itu," ucap juru bicara PETA kepada New York Daily News.

4. Jay-Z
Foto: Getty Images, ist.

Pada Maret 2013, Jay-Z tertangkap kamera memakai sepatu buatan brand Perfectly Made Kicks (PMK). Sepatu tersebut dibuat khusus untuk salah satu musisi terkaya di dunia itu. Sepatu dengan nama Air Jordan 1 Brooklyn Zoo itu dibuat dari berbagai jenis kulit hewan yaitu ikan pari, anaconda, burung unta, buaya, anak lembu, ular piton, kadal, ular boa dan gajah.

"Tidak ada rasa malu yang tersisa di dunia ini, bahwa beberapa orang, memesan atas pembantaian yang terbesar, terutama pada hewan hanya untuk membuat mereka menjadi sepasang sepatu," kecam juru bicara PETA Ingrid Newkirk.

5. Kim Kardashian
Foto: Getty Images, ist.

Kim Kardashian sudah beberapa kali menjadi sasaran protes PETA karena pilihan busananya. Pada Juni 2012, bintang reality TV 'Keeping Up With The Kardashians' ini berjalan-jalan di Paris, mengenakan gaun asimetris berwarna putih yang dipadu thigh-high boots dari kulit piton. Sepatu rancangan Christian Louboutin seharga USD 5.495 atau Rp 73 jutaan ini pun dikecam PETA. Terlebih lagi, Kim bertempat tinggal di California, di mana penjualan kulit piton sudah dilarang. (hst/hst)