Karya 'Jujur' Desainer Tri Handoko di IPMI Trend Show 2017

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 11 Nov 2016 19:34 WIB
Foto: Daniel Ngantung
Jakarta - Dua tahun sudah Tri Handoko menggarap Austere, label busana siap pakainya. Dari perjalanan itu, ia memetik pelajaran pentingnya jujur dalam berkarya. Kejujuran itu lah yang menginspirasi sang desainer untuk koleksi terbarunya yang bergaya androgyny berstruktur.

Handoko, begitu sapaan akrabnya, menampilkan koleksi tersebut di The Hall Senayan City, Jakarta Selatan, dalam rangkaian IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) Trend Show 2017, Jumat (11/11/2016) petang.

Untuk koleksi Spring-Summer 2017 tersebut, Handoko menamainya 'Rectitude' yang menurutnya bisa diartikan 'kejujuran'.

"Aku mendapat pelajaran penting selama dua tahun belakangan membangun Austere, tidak ada yang bisa mengalahkan kejujuran terhadap diri sendiri saat berkarya," tutur Handoko selepas peragaan.

Kejujuran itu lantas menjadi kekuatan Handoko dalam segi desain. Jujur terhadap insting dan kreativitasnya sebagai desainer, ia berkarya tanpa terpaku pada tren yang berlaku.

Koleksi kali ini tetap pada karakter gaya Handoko yang androgyny berstruktur namun dengan twist pada padu-padan siluet klasik dan minimalis yang menarik. Salah satunya pilihan kemeja yang sumber inspirasinya dari potongan tuksedo.

Permainan pola yang asimetris dan tailored-look juga menjadi daya tarik dari koleksi ini. Beberapa atasan juga mencuri perhatiam dengan lengan yang panjangnya melebihi tangan (over-length).

Handoko tetap mempertahankan karakter desainnya yang simpel dan bersih melalui paduan palet warna monokromatik, seperti putih, abu-abu, hitam, dan biru terang. Sementara material yang dieksplornya kali ini berupa katun, semi wol, dan rajutan.

Kejujuran juga menjadi konsep peragaan busanannya. Bukan berformat catwalk, melainkan presentasi di mana tamu bisa melihat lebih dekat koleksinya. "Very straight forward dan tidak bertele-tele," katanya.

Lalu, ada tantangan tersendiri saat menyiapkan koleksi ini?

"Tidak ada tantangan yang berarti. Tapi fokus saya sempat terbagi antara koleksi dan mempersiapkan acara ini sendiri," ujar desainer yang juga menjabat sebagai ketua IPMI Trend Show 2017. (dng/hst)