4 Tips Berjilbab Sesuai Bentuk Wajah

- wolipop Rabu, 21 Jan 2015 15:35 WIB
Dok. Dina Toki-O Dok. Dina Toki-O

Jakarta - Tidak hanya potongan rambut yang disesuaikan dengan bentuk wajah. Pengaplikasian kerudung pun perlu diperhatikan yang tentu mempengaruhi penampilan Anda. Penerapan hijab yang tidak tepat akan membuat wajah kurang proporsional. Berikut tips mengaplikasikan jilbab sesuai bentuk wajah dari desainer.

1. Oval
Menurut desainer busana muslim Ghaida Tsurayya, wajah oval bisa mengenakan berbagai macam hijab karena bentuk ini yang paling ideal. Seperti potongan rambut, wajah bentuk oval cocok dengan berbagai potongan. Hal tersebut juga diungkapkan oleh desainer anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Indonesia (APPMI), Najua Yanti.

"Oval yang paling ideal, kalau bentuk wajahnya oval cocok dengan segala gaya kerudung," tutur Najua saat berbincang dengan Wolipop di butik HijabersMom Community (HMC), kawasan Radio Dalam, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (19/1/2015).

2. Persegi
Berbeda dengan wanita dengan wajah persegi sebaiknya kerudung menutupi pipi kiri dan kanannya. Anda bisa mengaplikasikan kerudung sedikit ditarik ke depan pada bagian pipi bawah demi membuat rahang besarnya tidak tertutup. Najua menyarankan agar menerapkan volume di bagian atas. Volume yang dimaksud tidak perlu berlebihan bisa berupa lipatan-lipatan tipis sehingga kerudung tidak tampak terlalu menempel di kepala dan sisi wajah.

Fashion blogger asal Inggris yang kini mencoba menjadi desainer, Dina Toki-O juga menyarankan agar mengenakan scarf yang bahannya longgar. Hindari memakainya terlalu ketat di sekitar dagu dan leher sementara bagian atas bisa dibiarkan sedikit longgar.

3. Bulat
Untuk wajah yang bulat, Najua menyarankan memakai kerudung yang menutupi pipi kiri dan kanan. Anda juga bisa menggunakan kerudung atau ciput antem (anti tembem) yang bisa dibeli di berbagai toko khusus jilbab. Sedikit berbeda dengan wajah persegi, bentuk yang bulat sebaiknya ditutupi sedikit di bagian tengahnya bukan bawah.

Ghaida memberikan saran agar memakai kerudung yang tidak terlalu menempel pada pipi dan wajah. Jilbab yang terlalu ketat akan membuat wajah bertambah bulat. Pilih juga bahan yang lemas seperti viscose atau sutera.

"Pakai yang two pieces terus ada space-nya (jarak antara dalaman dan luaran kerudung)," tutur putri Aa Gym itu saat dihubungi Wolipop melalui telepon beberapa waktu lalu.

4. Tirus/Segitiga
Untuk pemilik wajah tirus atau segitiga, Ghaida menganjurkan agar memakai ciput ninja sehingga kerudungnya dapat divariasikan dan cocok dengan pengaplikasian turban. Menambahkan pernyataan Ghaida, Najua mengatakan agar buatlah sedikit volume di bagian kiri dan kanan. Volume tidak harus berlebihan tapi bisa dieksplorasi dengan permainan layering atau aksen ruffle di kerudung.

"Volume di kiri dan kanan akan memberikan kesan wajahnya agak melebar. Kalau pemilik wajah tirus pakailah kerudung yang tidak terlalu menutupi pipi kiri dan kanan agar tidak semakin terlihat kurus," tambahnya kemudian.


(aln/eny)