ADVERTISEMENT

Viral Vlogger Korea Utara Pamer Keseharian di Pyongyang, Disebut Settingan

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 24 Jan 2023 21:00 WIB
Yu Mi vlogger remaja asal Korea Utara Yu Mi, vlogger remaja asal Korea Utara. Foto: dok. YouTube Olivia Natasha- YuMi Space DPRK daily
Jakarta -

Satu lagi vlogger Korea Utara yang viral membagikan kesehariannya di YouTube. Sebelumnya netizen Korea Selatan sempat was-was dengan kehadiran vlogger cilik Song A yang lancar berbahasa Inggris. Namun kehadiran vlogger remaja Yu Mi justru membuat netizen Korea Selatan terpingkal.

Pasalnya video yang dibuat kedua vlogger diyakini sebagai strategi propaganda pemerintah Korea Utara untuk menyebarkan paham politiknya. Song A dan Yu Mi menjadi 'karakter settingan' untuk menunjukkan bahwa ibu kota Korea Utara, Pyongyang adalah tempat tinggal yang diidam-idamkan.

Yu Mi sendiri mengunggah video pertamanya di YouTube pada Agustus 2022. Hingga kini dia telah membagikan 10 video untuk menunjukkan fasilitas yang ada di Pyongyang seperti taman bermain, tempat pemancingan, hingga Pyongyang International Football School.

Yu Mi vlogger remaja asal Korea UtaraYu Mi vlogger remaja asal Korea Utara Foto: dok. YouTube Olivia Natasha- YuMi Space DPRK daily

Vlogger Korea Utara yang menggunakan nama Inggris Olivia Natasha itu bahkan mewawancarai sejumlah siswa untuk menanyakan pendapatnya soal Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam sejumlah videonya, Yu Mi fasih berbahasa Inggris seperti Song A. Jika Song A membuat penonton takjub dengan aksen British-nya, aksen Korea Utara Yu Mi masih terdengar jelas.

Namun netizen Korea telah mencurigai aksen British vlogger cilik Song A sejak lama. Kemudian terungkap bahwa Song A adalah putri seorang diplomat Korea Utara di London, Inggris.

Song A, vlogger cilik asal Korea UtaraSong A, vlogger cilik asal Korea Utara Foto: dok. YouTube Sary Voline [송아 SongA Vlog]

Song A juga merupakan cicit dari Ri Ul Sol, mantan anggota militer Angkatan Udara Korea Utara. Tempat-tempat yang didatanginya dalam video jarang terakses, bahkan untuk keluarga kaya di Pyongyang.

Menurut Kang Dong Wan, profesor Universitas Dong A, pemerintah Korea Utara memanfaatkan media sosial seperti YouTube dan Instagram untuk menyebarkan propaganda dengan membuat akun pribadi para vlogger. "Strateginya adalah menggunakan video yang menampilkan kehidupan sehari-hari warganya untuk mengatakan 'kami tidak jauh berbeda'."

Yu Mi vlogger remaja asal Korea UtaraYu Mi vlogger remaja asal Korea Utara Foto: dok. YouTube Olivia Natasha- YuMi Space DPRK daily

Kini netizen Korea Selatan ramai membicarakan kehadiran vlogger remaja Yu Mi di forum online. Tak sedikit yang berkaca setelah mengetahui identitas Song A sebenarnya. Ada pula yang menyinggung vlogger Korea Utara mencoba menarik perhatian dunia, namun warganya tak dapat mengakses internet.

"Ironi YouTuber Korea yang tidak bisa ditonton oleh anak-anak Korea Utara ㅋㅋㅋㅋ" komentar seorang netizen Korea Selatan.

"Fakta bahwa seorang gadis Korea Utara dapat berbicara Bahasa Inggris dengan lancar berarti dia berasal dari keluarga yang kuat," timpal lainnya.



Simak Video "Kemunculan Sosok Diduga Putri Kim Jong Un"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)