ADVERTISEMENT

5 Ragam Kebaikan dalam Tradisi Imlek

Tim berbuatbaik.id - wolipop Minggu, 22 Jan 2023 10:15 WIB
Angpau, angpao Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang saat ini sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut Imlek. Mulai dari pernak pernik nuansa merah khas Imlek hingga berbagai keperluan ibadah semua dipersiapkan dengan detail.

Beragam persiapkan tersebut tidak terlepas agar momen Imlek bisa berlangsung dengan meriah dan menghibur. Kemeriahan dan hiburan yang kerap disuguhkan pada momen spesial tersebut tidak terlepas dari tradisi masyarakat China yang terus dilestarikan hingga saat ini.

Tak hanya sebatas hiburan, setiap tradisi yang kerap hadir saat Imlek memiliki makna cukup mendalam. Dikutip dari China Highlights berikut adalah makna masing-masing tradisi yang kerap hadir saat Imlek.

1. Petasan

Petasan dinyalakan tidak selalu saat malam pergantian tahun masehi atau konser saja. Namun saat Imlek tiba pun sejumlah petasan kerap dinyalakan.

Chinese firecrackersChinese firecrackers Foto: iStock

Tradisi menyalakan petasan tersebut sengaja dijalankan bukan tanpa sebab. Pasalnya, menyalakan sebagai wujud untuk menakuti monster atau makhluk yang bernama Nian.

Konon, Nian sendiri kerap menyerang seseorang hingga memakan anak-anak. Masyarakat pada masa itu memanfaatkan api hingga petasan untuk mengusir makhluk tersebut.

2. Serba Merah

Imlek selalu identik dengan penggunaan warna merah di berbagai ornamennya mulai dari lampion, lilin, angpau, hingga pakaian yang digunakan. Penggunaan warna merah dalam hari spesial tersebut ternyata memiliki makna tersendiri.

Merah dipercaya sebagai warna keberuntungan China serta bisa menakut-nakuti roh nasib buruk. Tak hanya itu, merah juga bisa melambangkan suasana pesta yang ceria dan meriah.

3. Barongsai

Barongsai merupakan salah satu tarian tradisional China yang kerap dipentaskan saat Imlek tiba. Biasanya kesenian tersebut dimainkan oleh dua orang yang gerakannya menyerupai seperti singa.

Barongsai adalah tarian tradisional Cina yang menggunakan sarung menyerupai singa. Barongsai dipertunjukkan pada Hari Raya Imlek dan menjadi tradisi tahunan.Barongsai adalah tarian tradisional Cina yang menggunakan sarung menyerupai singa. Barongsai dipertunjukkan pada Hari Raya Imlek dan menjadi tradisi tahunan. Foto: Rifkianto Nugroho

Kehadiran barongsai saat Imlek tidak terlepas dari makna yang mendalam di kesenian tersebut. Pasalnya, barongsai dipercaya mampu mengusir aura negatif hingga roh halus yang membawa hal-hal tidak baik dalam kehidupan manusia. Selain itu, kesenian tersebut juga dipercaya mampu menghadirkan keberuntungan.

4. Makan Pangsit

Sama hal dengan hari besar lainnya, Imlek juga menyuguhkan sejumlah makanan yang biasa disajikan pada momen tersebut, salah satunya pangsit.

Selain mampu menghangatkan nuansa kekeluargaan, pangsit yang disuguhkan pada Imlek biasanya juga berfungsi untuk menghadirkan keberuntungan. Tak hanya pangsit, ada sejumlah makanan lain yang dianggap mampu menghadirkan keberuntungan seperti ikan dan kue keranjang.

5. Berbagi Angpau

Angpau merupakan salah satu ciri khas dari perayaan Imlek. Angpau memiliki makna sebagai simbol keberuntungan, kehidupan, dan kebahagiaan.

Hal itu biasanya diberikan sebagai tanda harapan baik selama acara keberuntungan seperti Tahun Baru Imlek hingga acara pernikahan. Adapun tujuan diberikan ampau yakni untuk sebagai simbol kepedulian dan kegembiraan antarsesama.

Sahabat baik ayo rayakan Imlek dengan berbagi kepada sesama. Kamu bisa memberikan angpau untuk yang membutuhkan dengan Donasi #dimulai10k sekarang juga. Yuk berbagi kegembiraan Tahun Baru Kelinci Air dengan memberi kebahagiaan juga bagi orang lain.



Simak Video "Miss Universe Internasional Beri Lisensi ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/eny)