ADVERTISEMENT

Gelar Kerajaan 4 Anaknya Dicopot, Pangeran Joachim dari Denmark Diasingkan

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 03 Okt 2022 13:45 WIB
Pangeran Denmark, Nikolai Pangeran Nikolai dan adiknya yang gelarnya dicopot Foto: Instagram
Jakarta -

Ratu Margrethe dari dari Denmark membuat pengumuman mengejutkan yang menyatakan bahwa gelar keempat cucunya dicopot. Mereka adalah Nikolai, Felix, Henrik, Athena yang keempatnya adalah anak dari Pangeran Joachim.

Pangeran Joachim merupakan anak kedua Ratu Margrethe dan Pangeran Henrik. Dia berada di urutan keenam sebagai pewaris takhta di bawah kakak pertamanya Pangeran Frederik dan keempat anaknya.

Meski menjadi putra kedua dari Ratu Denmark, namun ada isu yang menyebut bahwa Pangeran Joachim menjadi anggota kerajaan yang diasingkan. Sejumlah komentator kerajaan di Denmark mengatakan bahwa keluarga Pangeran Joachim kurang bisa diterima setelah kalah dalam perebutan kekuasaan internal di rumah tangga kerajaan.

Pangeran Joachim dari DenmarkPangeran Joachim dari Denmark dan keluarga Foto: dok. Getty Images

Senada dengan komentar tersebut, Pangeran 53 tahun itu pernah mengklaim bahwa dirinya sulit mendapat tempat di kerajaan. Dia mengaku rasa ketidakpuasannya tersebut sama seperti yang dirasakan ayahnya Pangeran Henrik.

"Putra Mahkota sudah jelas harus mengikuti alurnya. Namun berbeda dengan putra kedua dan istri orang tersebut, baik secara tertulis atau ucapan. Ayahku merasakan ketidakpuasan yang sama dan tidak pernah berhasil mendapatkan tempatnya di keluarga kerajaan," ucap Pangeran Joachim kepada Royal Central.

"Saya mengalami ketidakpuasan yang sama seperti ayah saya. Kami harus mencari tahu sendiri, sambil tetap berada dalam peran nomor dua," tambahnya.

Keluarga Pangeran Joachim kini tinggal di Paris sejak tahun 2019. Dia mengambil peran di kedutaan Denmark di Paris.

Seorang komentator kerajaan Jacob Hainel pernah mengatakan kepada The Daily Beast bahwa Pangeran Joachim dan istrinya Putri Marie tidak pernah memiliki agenda kerajaan atau diberikan tugas khusus oleh Ratu Margrethe. Sebelumnya Putri Marie pernah mengatakan bahwa kepindahannya bukan atas keinginan keluarganya, Dia menyindir ada pihak kerajaan yang memang menginginkan keluarga mereka keluar dari istana.

Baru-baru ini, Pangeran Nikolai buka suara mengenai keputusan neneknya yang mencopot gelar kerajaannya dan adik-adiknya. Pria yang dikenal sebagai model itu mengaku sedih, terkejut, dan bingung meski mereka nantinya akan tetap mendapat gelar His Excellency Count dari Monpexat dan masuk dalam urutan takhta kerajaan Denmark.

"Semua keluarga dan aku tentu sangat sedih. Kami sebagai mana orang tua kami juga sudah mengatakan, terkejut dengan keputusan ini dan betapa cepatnya gelar kami dihapuskan," kata sang pangeran kepada Extrabladet.

"Aku sangat bingung mengapa harus terjadi seperti ini," tambah cucu Ratu Margrethe itu.



Simak Video "Ratu Margrethe II Hapus Gelar Bangsawan Cucunya, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)