ADVERTISEMENT

Foto Terakhir Ratu Elizabeth II yang Resmi Dimakamkan Hari Ini

R Chairini Putong - wolipop Senin, 19 Sep 2022 17:00 WIB
Ratu Elizabeth II Foto: dok. Twitter @RoyalFamily
Jakarta -

Pihak Istana Buckingham telah merilis foto terbaru sekaligus foto terakhir Ratu Elizabeth II pada Minggu (18/9/2022). Foto tersebut dibagikan 10 hari setelah Ratu Elizabeth II menutup usia di umur 96 tahun.

Dalam foto resmi terakhirnya, Ratu Elizabeth II terlihat memakai gaun berwarna biru muda dan tersenyum lebar ke arah kamera. Dia juga memakai kalung mutiara tiga untai yang telah menjadi ciri khasnya dengan anting-anting mutiara yang serasi.

Pada gaun Ratu Elizabeth II disematkan pula bros aquamarine, yang merupakan hadiah ulang tahun dari sang ayah Raja George saat dia genap berusia 18 tahun.

Ratu Elizabeth IIFoto resmi terakhir Ratu Elizabeth II Foto: dok. Twitter @RoyalFamily

"Menjelang pemakaman Yang Mulia Ratu, sebuah foto baru telah dirilis. Foto itu diambil untuk menandai Platinum Jubilee Yang Mulia-Ratu Inggris pertama yang mencapai tonggak sejarah ini," tulis Keluarga Kerajaan lewat akun Twitter @RoyalFamily.

Foto yang mengharukan tersebut dirilis beberapa jam setelah acara mengheningkan cipta, yang diadakan serentak di Inggris pukul 8 malam untuk mengingat Ratu.

Sementara itu, pemakaman Ratu Elizabeth II dilangsungkan hari ini, Senin (19/9/2022) di Westminster Abbey. Banyak pemimpin dunia yang diharapkan hadir termasuk Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Ratusan ribu pelayat telah memadati Westminster Abbey sejak Kamis (15/9/2022) saat peti mati Ratu Elizabeth II tiba di London. Raja Charles pun mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang memberikan penghormatan untuk ibunya.

"Ketika kita semua bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal untuk terakhir kalinya, aku hanya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya, yang telah memberikan dukungan dan penghiburan untuk keluargaku, dan aku sendiri di masa duka ini," ungkap Raja Charles seperti dilansir dari Vogue.

Pangeran William juga mengapresiasi para pelayat dan membagikan foto keramaian di luar Westminster Abbey. "Rasanya sangat berarti untuk meliat kalian semua di sini."

Foto Ratu Elizabeth II Sebelum Wafat

Sebelumnya foto terakhir Ratu Elizabeth II sebelum wafat juga menjadi perbincangan. Foto tersebut diabadikan dua hari sebelum Ratu meninggal tepatnya Selasa (6/9/2022).

Ratu Elizabeth IIFoto Ratu Elizabeth II sebelum wafat Foto: dok. Twitter @RoyalFamily

Saat itu Ratu Elizabeth II memanggil politisi konservatif ke Kastil Balmoral untuk berpartisipasi dalam upacara pengambilan sumpah kuno yang dikenal dengan sebutan "ciuman tangan." Dia juga menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris.

Foto terakhir Ratu Elizabeth II menampilkannya saat menjabat tangan Liz Truss. Dia berjalan dengan bantuan tongkat dan ada memar biru di tangan kanannya.



Simak Video "Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)