#77PortraitAnakBangsa

Sosok Robby Wahyudi Buka Jalan Insan Kreatif RI Masuk Pasar Global

Yudistira Perdana Imandiar - wolipop Rabu, 10 Agu 2022 12:25 WIB
Managing Director Danumaya Dipa Robby Wahyudi. Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. Foto: Dok OPPO
Jakarta - Industri kreatif sedang merekah di Indonesia. Berkembangnya sektor kreatif ini memberikan jalan bagi para kreator Tanah Air mendulang penghasilan dari karya kreatifnya.

Sektor ekonomi kreatif mempunyai potensi besar menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan. Indonesia mencatatkan kontribusi kekayaan intelektual (KI) sebesar Rp 1.134 triliun pada 2019, atau setara 6,98% dari rata-rata Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Semakin menggeliatnya industri kreatif berjalan linier dengan tingginya adopsi teknologi digital oleh masyarakat Indonesia. Ceruk ekonomi kreatif pun masih terbuka luas, sehingga setiap individu bisa masuk dan memberdayakan sektor ini.

Kreativitas para pelaku industri kreatif Indonesia pun dapat disejajarkan dengan para kreator kekayaan intelektual/intellectual property (IP) global. Tinggal bagaimana mereka diberi fasilitas untuk mendapatkan akses menapaki pasar internasional untuk mempersembahkan karya-karya terbaiknya.

Upaya mendorong para creator IP Indonesia ke level global aktif dilakukan oleh Danumaya Dipa sebagai perusahaan yang membidani berbagai kegiatan kreatif. Mereka membuat rangkaian program, Bernama 'Katapel'. Katapel merupakan wadah pertemuan antara kreator IP, pemilik brand, dan para praktisi lisensi IP guna menggali insight terbaru dan strategi pengembangan industri kreatif IP.

Managing Director Danumaya Dipa Robby Wahyudi merupakan salah satu orang yang punya andil besar dalam terciptanya inkubator bagi kreator IP Tanah Air. Lewat Katapel, Robby ingin menyediakan forum bagi para pelaku industri kreatif IP untuk mendapatkan informasi terbaru di ranah lisensi kreatif IP baik dari lingkup lokal, Asia, hingga dunia.

Menurut Robby, saat ini ketersediaan ilmu dan informasi mengenai industri kreatif di Indonesia masih minim. Ia ingin program yang diinisiasi dapat memacu berkembangnya ekosistem industri kreatif IP dan menjadi mercusuar bagi seluruh kreator IP Indonesia.

Katapel juga menjadi jembatan bagi para kreator IP lokal untuk bertemu dan menjalin kolaborasi dengan brand-brand global. Hal itu akan membuka jalan mereka untuk menunjukkan karya-karya terbaiknya di level internasional. Tentunya industri kreatif Indonesia pun akan semakin bersemi ketika insan-insan kreatifnya mampu berbicara banyak di ranah internasional.



Simak Video "Mengapa Tak Ada Harry-Meghan di Foto Terbaru Keluarga Kerajaan Inggris?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)