Wanita Tanpa Busana Terobos Red Carpet Cannes, Protes Kejahatan Perang Ukraina

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 21 Mei 2022 17:30 WIB
Aktivis protes di Cannes Film Festival 2022 tanpa busana. Aktivis Protes di Cannes Film Festival 2022. Foto: AP/Daniel Cole
Paris -

Perhelatan Cannes Film Festival 2022 diwarnai aksi protes. Seorang wanita menerobos area red carpet dengan bertelanjang dada saat penayangan premier film 'Three Thousand Years of Longing', Jumat (20/5/2022).

Wanita yang tidak diketahui identitasnya itu hanya mengenakan underwear tanpa busana atasa. Sementara dadanya dilukis dengan cat biru muda dan kuning, warna bendera Ukraina. Tampak tulisan 'Stop Raping Us' di atasnya.

Cat merah juga tampak disiramkan ke area intimnya, sehingga menyerupai percikan darah. Dalam foto-foto yang beredar, wanita yang tidak diketahui identitasnya itu terlihat berteriak-teriak.

Aktivis protes di Cannes Film Festival 2022 tanpa busana.Aktivis protes di Cannes Film Festival 2022 tanpa busana. Foto: AP/Daniel Cole

Wanita tersebut memprotes kejahatan perang yang diduga dilakukan tentara Rusia terhadap warga Ukraina. Minggu ini, pihak berwenang Ukraina mengidentifikasi seorang tentara Rusia yang dicurigai telah melakukan tindak kriminal selama perang berlangsung sejak Februari 2022.

Seperti dikutip dari New York Post, dia disinyalir terlibat dalam pemerkosaan berkelompok (gang rape) seorang remaja wanita saat menginvasi sebuah desa di luar Kyiv, ibu kota Ukraina. Dikatakan bahwa laporan tentang tindak pemerkosaan meningkat dalam beberapa bulan terakhir ini sejak perang Rusia - Ukraina dimulai.

Aktivis protes di Cannes Film Festival 2022 tanpa busana.Aktivis protes di Cannes Film Festival 2022 tanpa busana. Foto: AP/Daniel Cole

Video yang menampilkan pemrotes bertelanjang dada di Cannes Film Festival, Paris, Prancis, tersebut pun viral. Muncul sejumlah video di Twitter memperlihatkan sejumlah tim keamanan menutupi tubuh wanita tersebut dengan kain dan membawanya keluar dari area red carpet.

"Aktivis ini mengungkap adanya pemerkosaan dan penyiksaan seksual terhadap para wanita Ukraina oleh tentara Rusia," tulis akun @scum_official.

Sementara itu, 'Three Thousand Years of Longing' merupakan film garapan George Miller, yang sebelumnya sukses dengan 'Mad Max: Fury Road' yang tayang pada 2015. Film tersebut dibintangi oleh Tilda Swinton dan Idris Elba.

(hst/hst)