Kisah Pilot Viral, Tembus Daerah Konflik dan Tangis Haru di Ujung Karir

Ayunda Septiani - wolipop Sabtu, 30 Apr 2022 06:43 WIB
Jakarta -

Nama dari Hanafi Herlim sudah tak asing lagi di dunia penerbangan. Ia adalah pilot senior dari maskapai Citilink dan sudah 42 tahun lamanya.

Selama bertugas menjadi pilot, Kapten Hanafi ternyata sudah berkeliling ke mana saja termasuk bertugas ke daerah konflik.

Kepada detikcom, ia menyebutkan bahwa ia pernah bertugas selama 3 bulan di wilayah konflik. Selain itu, ia mengatakan bahwa ia diberikan tugas tersebut oleh pemerintah.

"Di konflik ini bisa saya jelaskan, saat itu ada perang antara Taliban dan Amerika Serikat di Afganistan. Saya senang terbang di sana karena tidak ada ketakutan dari dalam diri saya," jelasnya.

"Uniknya sebelum saya landing di wilayah tersebut, pada area untuk lepas landas akan di cek terlebih dahulu, apakah aman dari teroris apa tidak. Apabila dikatakan sudah aman, maka kita bisa melakukan landing," pungkasnya.

Tak hanya itu, Kapten Hanafi mengatakan di tempat ia bertugas di wilayah konflik, tidak bisa sembarangan untuk landing dan take off. Harus ada kordinasi terlebih dahulu dari petugas yang berjaga.

(mjt/mjt)