ADVERTISEMENT

5 Momen Bersejarah di Oscar 2022 yang Teralihkan Tamparan Will Smith

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 29 Mar 2022 13:32 WIB
Aneil Karia, left, and Riz Ahmed, winners of the award for best live action short for Ariana DeBose, Troy Kotsur, dan Jessica Chastain berjaya di Oscar 2022. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)
Hollywood -

Aksi Will Smith menampar Chris Rock di panggung Academy Awards ke-94 atau Oscar 2022, Minggu (27/3/2022), mendadak menyita perhatian dunia. Terlepas dari itu, banyak prestasi dan momen bersejarah terukir di ajang tertinggi bagi insan perfilman ini yang seharusnya mendapat porsi sorotan lebih.

Beberapa tahun terakhir, penyelenggara Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), banjir kritikan lantaran dianggap kurang menjunjung tinggi keberagaman. Baik dalam penominasian, maupun pemilihan pemenang.

Secara perlahan, Oscar yang tahun lalu mengalami penurunan rating secara drastis mulai berbenah diri. Tahun ini menjadi pembuktiannya.

Belum pernah terjadi sebelumnya, Oscar 2022 yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, merayakan lebih banyak orang kulit berwarna, aktor dan aktris LGBTIQ, serta kaum disabilitas. Sayangnya, perayaan tersebut harus dibayangi insiden kekerasan yang dilakukan Will Smith terhadap komedian Chris Rock saat acara berlangsung.

Berikut lima momen bersejarah di Oscar 2022:


1. Oscar 2022 Dipandu Tiga Wanita

Hosts Regina Hall, from left, Amy Schumer and Wanda Sykes appear on stage in pajamas at the end of the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello)Regina Hall, Amy Schumer dan Wanda Sykes didapuk sebagai host Oscar 2022. (AP Photo/Chris Pizzello) Foto: Chris Pizzello/Invision/AP

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tiga wanita sekaligus memandu malam penghargaan Oscar. Adalah aktris Amy Schumer, Regina Hall, dan komedian Wanda Skyes yang mendapat tongkat estafet tersebut tahun ini.

Host sebelumnya didominasi kaum pria, di antaranya presenter Jimmy Kimmel, Chris Rock, dan Billy Crystal. "Tahun ini Academy merekrut tiga wanita sebagai host karena lebih murah ketimbang membayar satu pria," guyon Amy Schumer sembari menyindir kesenjangan upah berbasis gender di Hollywood.

2. Kemenangan Besar Bagi Aktris Queer

Ariana DeBose, winner of the award for best performance by an actress in a supporting role for Ariana DeBose berpose di ruangan pers Academy Award ke-94 setelah memenangkan piala Oscar. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Baru pertama kali masuk nominasi, Ariana DeBose langsung mengklaim Oscar pertamanya untuk kategori aktris pendukung terbaik di Oscar 2022. Pencapaian tersebut diraih berkat perannya sebagai Anita di film musikal 'West Side Story' versi Steven Spielberg.

Perempuan 31 tahun ini hidup terbuka sebagai seorang perempuan yang memiliki orientasi seksual queer. Seperti dikabarkan NBC, ia pun menjadi aktris queer keturunan Latin-Afro pertama yang memenangkan Oscar.

"Teruntuk siapa saja yang sedang kebingungan dengan identitas diri dan merasa berada di ruang abu-abu, aku bisa menjanjikan ini: Tentunya ada tempat bagi kita," ujar Ariana dalam pidato kemenangannya.


3. Aktor Tuli Berjaya

Troy Kotsur accepts the award for best performance by an actor in a supporting role for Troy Kotsur (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello)

Momen bersejarah di Oscar 2022 juga diukir oleh Troy Kotsur. Ia menjadi pria tuli pertama yang memenangkan Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik berkat perannya di film 'CODA'. Kemenangan Troy langsung disambut tepuk tangan penonton dalam bahasa isyarat.

Ia menyusul prestasi lawan mainnya, aktris Marlee Matlin, perempuan tuli pertama yang memenangkan Oscar pada 1987 untuk perannya di 'Children of a Lesser God'. Troy lantas mendedikasikan piala Oscar-nya untuk komunitas orang tuli, anak-anak CODA (children of deaf adults) dan kaum disabilitas. "Inilah momen kita," kata pria 53 tahun itu.


4. 'CODA' Menang Besar

The cast and crew pose with their Oscars for Best Picture for Para pemeran 'Coda' di Academy Awards ke-94. (Foto: REUTERS/MARIO ANZUONI)

Best Picture atau film terbaik selalu menjadi penghargaan pamungkas di setiap ajang Oscar. Tahun ini, piala tersebut jatuh ke 'CODA' yang diproduksi oleh Apple TV+.

Total, CODA menang tiga Oscar, termasuk aktor pendukung terbaik dan skenario adaptasi terbaik. Adapun kisah film ini diangkat dari film 'La Famille BĂ©lier' (2014) dari Prancis.

Apple ikut 'kecipratan' prestasi 'CODA' di Oscar 2022. Belum pernah terjadi sebelumnya, film produksi penyedia jasa streaming memenangkan kategori film terbaik.


5. Aktor Muslim Berprestasi

Aneil Karia, left, and Riz Ahmed, winners of the award for best live action short for Riz Ahmed (kanan) memenangkan piala Oscar pertamanya di Academy Awards ke-94. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Meski perannya di film 'Sound of Metal' gagal memberikan Oscar tahun lalu, aktor Riz Ahmed akhirnya bisa merasakan kemenangan. Ia meraih piala Oscar pertamanya untuk kategori live action short film atas kontribusinya sebagai penulis film 'The Long Goodbye'.

Riz lantas menjadi pria muslim pertama yang memenangkan Oscar pada kategori tersebut. Sebagai informasi, sejarah aktor muslim pertama yang meraih Oscar dibuat oleh Mahershala Ali di Academy Awards 2017 berkat perannya di film 'Moonlight' (2016).



Simak Video "Will Smith Akui Hilang Kendali Tampar Chris Rock di Oscar 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)