Unggah Foto Pakai Hanbok, Park Shin Hye Diserang Netizen China

Hestianingsih - wolipop Senin, 14 Feb 2022 05:30 WIB
Park Shin Hye pakai Hanbok. Park Shin Hye pakai Hanbok. Foto: Instagram/@ssinz7
Jakarta -

Park Shin Hye digeruduk netizen China karena mengunggah foto dirinya berbusana Hanbok. Dalam unggahannya aktris yang baru saja menikah tersebut juga menulis tagar #koreantraditionalclothes.

Foto yang menuai serangan fans dari China itu diunggah pada Sabtu (12/2/2022). Tampak Park Shin Hye berpose dengan Hanbok warna toska dan biru. Sementara wajahnya dipulas makeup natural.

"Sepertinya aku sudah pakai banyak Hanbok di film The Royal Tailor. Tapi masih saja terasa nyaman memakainya," tulisnya pada caption foto.

[Gambas:Instagram]



Tagar #hanbok dan #koreantraditionalclothes rupanya mengundang reaksi dari netizen China. Beberapa dari mereka mengungkapkan kekesalan karena wanita 31 tahun tersebut menyertakan tagar bahwa Hanbok adalah pakaian tradisional Korea. Bahkan ada yang ingin memboikot drama yang diperankannya.

"Aku tidak mau nonton drama kamu lagi," protes netizen.

"Kamu tidak berhak menerima cinta dari China," tulis netizen lainnya.

"Hanya pencuri dari NEGARA MALING," komentar netizen dengan ketus.

"Korea harus menambahkan budaya pencuri ke daftar Warisan Dunia," kritik netizen lagi.

Secara harfiah, seperti dikutip dari All K Pop, Hanbok mengandung arti 'pakaian Korea'. Namun dalam dua tahun belakangan memang terjadi kontroversi antara China dan Korea yang menimbulkan perang budaya.

Perdebatan dimulai sejak akhir tahun 2020, diawali dengan kostum yang digunakan dalam drama tentang China, 'Royal Feast'. Kontroversi dimulai setelah aktor asal Tiongkok, Xu Kai, mengunggah fotonya di media sosial Weibo dengan menunjukkan kostumnya.

Beberapa pengguna internet menilai bahwa kostum yang digunakan menyerupai pakaian tradisional korea yaitu Hanbok. Tetapi produser dari acara tersebut, Yu Zheng, mengatakan bahwa kostum tersebut merupakan kostum feodal China yang bernama Hanfu.

Saksikan juga: Perut Para Pejabat Jawa Timur 'dikocok' Cak Lontong di Launching detikJatim

[Gambas:Video 20detik]



(hst/hst)