ADVERTISEMENT

Di Balik Batik Blitar Bintang NBA

Idham A. Samana, 20detik - wolipop Sabtu, 12 Feb 2022 10:39 WIB
Jakarta -

Jakarta - Pebasket NBA Justin Holiday mendadak ramai diperbincangkan karena memesan batik tulis produksi Blitar, Jawa Timur. Batik yang dimaksud diproduksi oleh Butik Mawar Putih milik sepasang suami istri Yogi Rosdianta dan Santika.

Oktober 2021 lalu, Holiday sempat mengunggah fotonya menggunakan kemeja batik di Instagram. Unggahan tersebut kemudian memicu banyak respons dari pengikutnya, termasuk meragukan apakah yang dikenakan Holiday benar-benar batik.

Tak lama kemudian, Holiday menemukan produsen batik yang menarik hatinya, yaitu Batik Mawar Putih milik Yogi dan Santika. Ia pun memutuskan untuk memesan batik dengan desain custom dari produsen batik tersebut.

Yogi dan Santika telah gencar mempromosikan batik di kancah internasional sejak 2019. Dari situlah keduanya bisa terhubung dengan Holiday di akhir tahun 2021, untuk kemudian bekerja sama memproduksi batik eksklusif untuk Holiday.

"Dari 2019, saya dan istri saya ini emang gencar untuk melakukan movement atau pergerakan-pergerakan gimana caranya batik ini bisa masuk ke pasar internasional. Kita juga sempat diskusi dengan KBRI di luar sana, pernah sama Dubes Rusia, Bapak Mohamad Wahid di live Instagram. Dengan pergerakan kita itu di tahun 2021 kita ter-connect dengan Justin Holiday. Dan Justin Holiday, kita sepakat untuk bekerja sama, untuk memproduksi batik yang akan dipakai Justin Holliday di NBA, gitu," terang Yogi di program Viral detikcom.

Produksi batik eksklusif pesanan Holiday telah dimulai sejak akhir 2021 lalu. Prosesnya pun cukup memakan waktu, dikarenakan perlunya kesamaan paham akan motif batik yang akan ditulis.

"Dia menyampaikan kalau ingin memakai batik yang khas Indonesia, gitu. Dan karena kita di sini merepresentasikan Jawa Timur, khususnya kota Blitar, jadi kita membuat konsep dan kita sodorkan ke dia, ada konsep-konsep yang di dalamnya ada icon-icon di kota Blitar, Jawa Timur, dan Indonesia. Motifnya ada gapura makam Bung Karno, ada pecut, dan belimbing. Belimbing itu khas kota Blitar juga. Ada kendang, sama garuda, juga kuda kepang," jelas Santika.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sepakat usulan desain motif memakan waktu hingga satu bulan. Pada Februari 2022 ini, proses produksi batik Justin Holiday telah sampai di tahap finishing.



Simak Video "Batik Blitar Bikin Gempar"
[Gambas:Video 20detik]
(mjt/mjt)