Selebgram Cantik Protes Identitasnya Dipakai untuk Nama Boneka Seks

Hestianingsih - wolipop Selasa, 11 Jan 2022 19:30 WIB
Yael Cohen Aris Boneka seks (kiri) yang mirip Yael Cohen Aris (kanan). Foto: Instagram/@yael1c
Jakarta -

Selebgram asal Israel meradang. Ia mengklaim identitasnya telah digunakan untuk pembuatan boneka seks tanpa seizinnya.

Yael Cohen Aris menuduh Doll Studio membuat boneka seks yang terinspirasi dari dirinya. Wanita 25 tahun ini bersikukuh kalau penampakan boneka seks tersebut sangat mirip dengannya.

Boneka tersebut bahkan memiliki tanda lahir yang sama dengan miliknya. Yakni tahi lalat kecil di bagian bawah bibir sebelah kiri.

Yael Cohen ArisYael Cohen Aris. Foto: Instagram/@yael1c

Kepada This Morning, Yael menyatakan tidak benci maupun melarang adanya industri boneka seks. Tapi ketika boneka tersebut dengan sengaja dibuat menyerupai dirinya tanpa persetujuan, hal itulah yang dipermasalahkan.

"Saya akan jujur. Saya tidak ada masalah dengan industri boneka seks, tapi jelas masalahnya di sini adalah mereka melakukannya tanpa persetujuan dan sepengetahuan saya," tutur Yael.

Kesalahan perusahaan tersebut bertambah karena boneka seks itu juga punya 'identitas' seperti dirinya.

"Itu bukan hanya boneka yang terlihat seperti saya atau terinspirasi dari saya. Tapi dikembangkan dari (profil dan identitas) saya!" lanjutnya.

Yael Cohen ArisYael Cohen Aris. Foto: Instagram/@yael1c

Kini Yael sedang mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut secara hukum. Yael tidak menginginkan bayaran atau kompensasi dari Doll Studio, tapi agar produksi boneka yang mirip dirinya dihentikan.

"Pertama-tama, produk itu harus segera ditarik. Lalu mungkin kita bisa membicarakan apa yang sebenarnya terjadi dan hal-hal apa saja yang salah dan kenapa. Saya tidak bicara soal kompensasi, tapi ingin memberi pelajaran," kata Yael.

Yael Cohen Aris merupakan model dan selebgram dengan 1,1 juta follower di Instagram. Sebelumnya dia bekerja sebagai programmer di Satuan Ketahanan Israel.



Simak Video "Cerita Anindita Hidayat Hadapi Pelecehan Seksual di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)