Drakor Snowdrop Tuai Kontroversi, Netizen Khawatir dengan Jung Hae In

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 21 Des 2021 14:32 WIB
Snowdrop Jung Hae In. Foto: dok. JTBC
Jakarta -

Drama Korea Snowdrop yang dibintangi Jung Hae In bersama Jisoo BLACKPINK menuai kontroversi. Sejumlah netizen Korea mulai mengkhawatirkan Jung Hae In. Pasalnya, drama Korea yang dibintangi sang aktor sebelumnya juga tak bernasib baik.

Snowdrop telah menjadi perbincangan sebelum penayangannya. Netizen Korea melancarkan boikot massal pada Maret 2021 karena alur ceritanya yang berlatar tahun 1987 dikhawatirkan menyimpang dari sejarah. Jung Hae In pun dikisahkan sebagai mata-mata Korea Utara yang datang ke Korea Selatan untuk sebuah misi.

Pada tahun itu, Korea Selatan berada di bawah pemerintahan diktator. Para mahasiswa berdemonstrasi agar pemilihan umum diadakan secara adil. Namun, banyak pengunjuk rasa yang disiksa oleh pasukan militer dengan alibi bahwa mereka adalah mata-mata dari Korea Utara.

Sebagai tanggapan, JTBC memastikan karakter Jung Hae In tidak terlibat dalam gerakan demokrasi. Pihak stasiun televisi juga mengganti nama karakter Jisoo BLACKPINK yang semula mirip nama aktivis Chun Young Cho menjadi Eun Young Ro.

Namun, episode pertama drama Korea Snowdrop yang tayang Sabtu (18/12/2021) menampilkan Eun Young Ro (pemain Jisoo BLACKPINK) menyelamatkan mata-mata Korea Utara Im Su Ho (pemain Jung Hae In) dari anggota gerakan pro-demokrasi.

SnowdropSnowdrop Foto: Cho Baegon/Disney+

Netizen Korea pun mengirimkan petisi untuk membatalkan penayangan drama Korea Snowdrop ke Blue House (kepresidenan Korea Selatan). Dalam petisi itu, netizen Korea menyorot bagaimana drama Korea Snowdrop meromantisasi karakter Jung Hae In yang disangka tokoh pro-demokrasi.

Petisi yang telah ditandatangani lebih dari 200 ribu netizen Korea ini ditutup pada 18 Januari 2022, sebulan setelah penayangan drama Korea Snowdrop. Blue House juga akan meninjau ulang drama Korea Snowdrop.

Drama Jung Hae In Tamat Lebih Awal

Sebelumnya, drama Korea A Piece of Your Mind yang dibintangi Jung Hae In tamat lebih awal. Empat episode terakhirnya tidak ditayangkan. A Piece of Your Mind yang tayang mulai 23 Maret 2020, tamat pada 28 April 2020 dengan total 12 episode.

Dalam drama Korea A Piece of Your Mind, Jung Hae In dipasangkan dengan Choi Soo Bin. Namun, alur ceritanya yang lambat tak bisa menyelamatkan rating.

Episode pertama A Piece of Your Mind tayang dengan perolehan rating sebesar 2,4 persen hingga akhirnya ditutup dengan rating sebesar 1,2 persen. Saat itu, tvN mencetak rating terendah dalam dua tahun (2018-2020) pada hari Senin dan Selasa karena itu jumlah episodenya dipersingkat.

Drama Korea A Piece of Your MindA Piece of Your Mind Foto: tvN

Jung Hae In kemudian membintangi drama Korea garapan Netflix, D.P. yang meraih popularitas di negara asalnya. Namun, setelah D.P. Jung Hae In membintangi Snowdrop yang dikhawatirkan akan tamat lebih awal atau dihentikan penayangannya.

Netizen Korea ramai membicarakan Jung Hae In di forum komunitas. Tak sedikit yang berharap Jung Hae In berhati-hati memilih judul drama Korea seperti Snowdrop yang menuai kontroversi karena alur ceritanya.

"Ini sangat disayangkan," "Dia seharusnya lebih berhati-hati saat memilih drama berikutnya," "Yah, kita tidak bisa meramalkan apakah sebuah drama akan sukses hanya dengan menerima naskahnya," komentar sejumlah netizen Korea yang menonton Snowdrop.



Simak Video "Penuh Kontroversi, Snowdrop Tak Mengecewakan dari Segi Rating"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)