4 Adegan Ciuman dalam Drakor yang Tuai Kritik, Gambarkan Pelecehan Seksual

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 08 Des 2021 19:30 WIB
My Father is Strange Drama Korea My Father is Strange. Foto: dok KBS2
Jakarta -

Sekilas adegan ciuman dalam drama Korea terlihat romantis dan mendebarkan. Namun, beberapa adegan ciuman dalam drama Korea justru menuai kritik dari netizen Korea.

Seperti adegan ciuman dalam drama Korea My Father is Strange yang dianggap menggambarkan pelecehan seksual dalam dunia kerja. Inilah deretan adegan ciuman dalam drama Korea yang dinilai bermasalah.

1. My Father is Strange (2017)

Drama Korea My Father is Strange menampilkan adegan di mana aktor Ahn Joong Hee (pemain Lee Joon) terlambat ke lokasi syuting karena Byun Mi Young (pemain Jung So Min). Saat proses syuting, sang sutradara menyuruh Byun Mi Young sebagai kru film untuk membuat tanda ciuman yang realistis di wajah sang aktor.

My Father is StrangeMy Father is Strange Foto: dok KBS2

Byun Mi Young terlihat ragu-ragu untuk melakukannya, namun sutradara menyinggung dirinya yang datang terlambat. Setelah mencium pipi Ahn Joong Hee, sutradara pun menyuruh Byun Mi Young menciumnya sekali lagi pada bagian bibir.

Adegan ciuman dalam drama Korea tersebut menunjukkan bagaimana kedua karakter mengembangkan perasaan untuk satu sama lain. Namun, netizen Korea menyuarakan keprihatinan atas penggambaran pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja.

2. Seonam Girls' High School Investigators (2014)

Seonam Girls' High School Investigators menjadi drama Korea pertama yang menampilkan adegan ciuman lesbian di pertelevisian Korea. Adegan yang dilakoni Kang Sung Ah dan Kim So Hye itu menampilkan keduanya berciuman di toko buku dan dipotret diam-diam dari jauh.

Seonam Girls' High School InvestigatorsSeonam Girls' High School Investigators Foto: dok JTBC

Adegan ciuman dalam drama Korea ini menuai kecaman dari sejumlah netizen Korea. Korea Communications Standards Commission (KCSC) menyebut adegan tersebut melanggar Pasal 27 (Maintenance of Quality) dan Pasal 43 (Cultivation of Emotions Between Children and Teenagers) dari Undang-Undang Penyiaran.

3. Moonlight Drawn By Clouds (2016)

Drama Korea Moonlight Drawn By Clouds mendapat sanksi dari KCSC setelah menampilkan adegan ciuman karakter Hong Ra On (pemain Kim Yoo Jung) dan Lee Yeong (pemain Park Bo Gum). Pasalnya, sang aktris, Kim Yoo Jung yang melakoni adegan tersebut masih berumur 16 tahun.

Love in the MoonlightLove in the Moonlight Foto: dok KBS2

Menurut Undang-Undang Penyiaran, siapa pun yang berumur di bawah 19 tahun dianggap masih di bawah umur. Tak sedikit netizen Korea yang setuju dengan KCSC dan mengecam adegan ciuman tersebut.

4. Our Gap Soon (2016)

Adegan ciuman dalam drama Korea Our Gab Soon pun dinilai bermasalah oleh netizen. Salah satu episodenya menampilkan Shin Gap Soon (pemain Kim So Eun) meminta putus dari pacarnya. Namun, Heo Gab Dol (pemain Song Jae Rim) justru mendorongnya ke tembok dan menciumnya secara paksa.

Our Gap SoonOur Gap Soon Foto: dok SBS

Menurut netizen Korea, adegan ciuman tersebut menggambarkan kekerasan yang terjadi dalam suatu hubungan. Namun, KCSC dan tim produksi Our Gap Soon menilai adegan ciuman itu tidak bermasalah.



Simak Video "Rekomendasi Drama Korea untuk Ditonton di Hari Ibu"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)