Tebak-tebakan Warna Topi yang Jadi Viral, Ilusi Optik yang Bikin Bingung

Tim Wolipop - wolipop Jumat, 26 Nov 2021 13:43 WIB
Otelia Carmen Foto: dok. TikTok
Jakarta -

Seorang wanita memperlihatkan topi barunya yang bisa 'berubah' warna yang jadi viral di internet. Karena ilusi optik, netizen pun dibuat bingung dengan warna topi tersebut.

Wanita bernama Otelia Carmen membagikan video sebuah topi beanie dengan warna yang dipertanyakan. Ilusi optik menjadikan topi ini tampak berbeda warna.

"Jadi aku membeli topi hijau di toko hari ini dan aku membawanya pulang dan ketika aku mengeluarkannya mengapa ini berwarna coklat?" ungkap Otelia bingung di TikTok-nya

Topi tersebut bahkan berbeda-beda warna tergantung pencahayaan. Bahkan di pencahayaan yang berbeda, topi tersebut berubah jadi merah. Dia kemudian menunjukkan topi tersebut saat berada di ruang tidur, dan topi tersebut warnanya jadi hijau.

Otelia CarmenOtelia Carmen Foto: dok. TikTok

Lalu, apa warna sebenarnya dari topi beanie tersebut?

Saat Otelia memakai topi tersebut di luar rumah pada siang hari, topi tersebut berwarna coklat yang mana adalah warna aslinya. "Kemudian disadari: metamerisme. Inilah mengapa pencahayaan sangat penting dalam desain interior," ungkapnya.

Metamerisme adalah perubahan warna yang terlihat pada benda berwarna karena emisi spektral yang berbeda dari sumber cahaya yang berbeda. Pada dasarnya, setiap sumber cahaya memiliki warna sendiri, jadi ketika diproyeksikan ke permukaan berwarna, itu mempengaruhi warna permukaan itu.

Video tentang topinya tersebut jadi viral di TikTok dan media sosialnya hingga menjadi perdebatan netizen.

"Jadi... hijau, coklat, merah," tulis netizen.

"Ini ada lagi seperti gaun 'apakah itu emas dan putih atau hitam dan biru'", tulis netizen lainnya yang merujuk pada perdebatan warna baju yang viral di 2017.



Simak Video "Momen Pengantin Pria Gendong Istri Seberangi Sungai di Polman"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)