5 Kesamaan Hellbound dan Squid Game, Drakor Netflix Viral di Mancanegara

R Chairini Putong - wolipop Senin, 22 Nov 2021 15:45 WIB
Jakarta -

Drama Korea Hellbound tayang di Netflix setelah kesuksesan Squid Game. Tak sedikit yang membandingkan keduanya dari segi cerita karena sama-sama menegangkan. Namun, Hellbound dan Squid Game justru punya beberapa kesamaan yang mencolok.

Keenam episode Hellbound tayang serentak di Netflix pada 19 November 2021. Sehari setelah rilis, drama Korea yang dibintangi Yoo Ah In itu memuncaki ranking TOP TV Shows harian Netflix di sejumlah negara. Pendahulunya Squid Game memuncaki ranking tersebut delapan hari setelah rilis.

Hellbound menggambarkan kekacauan kota saat manusia menghadapi fenomena supranatural, di mana utusan neraka muncul dan menyeret pendosa ke neraka. Di tengah kekacauan itu, ada sekte Kebenaran Baru yang mulai mendapat simpati dan dukungan.

Sementara Squid Game mengisahkan permainan bertahan hidup dengan hadiah uang sebesar 45,6 miliar won (atau sekitar Rp 554,1 miliar). Terdapat 456 kontestan yang memiliki permasalahan hidup berbeda.

Awas spoiler! Ini 5 kesamaan drama Korea Hellbound dan Squid Game:

1. Satu Karakter yang Menentukan Segalanya

Dalam drama Korea Squid Game, ada pria tua yang mengendalikan permainan bertahan hidup. Oh Il Nam (pemain Oh Yeong Su) yang mengidap tumor otak, memilih untuk ikut permainan daripada menunggu ajalnya. Ia akhirnya menyusup sebagai kontestan bernomor urut 001.

Drama Korea HellboundHellbound Foto: dok. Netflix

Drama Korea Hellbound pun memiliki karakter yang menjadi tokoh penting. Orang itu tak lain tak bukan adalah Jung Jin Soo (pemain Yoo Ah In), ketua sekte Kebenaran Baru. Ia mendoktrin massa bahwa satu-satunya cara bertahan hidup dan selamat adalah mengikuti aturan sekte tersebut.

2. Identik dengan Seragam Hijau

Seragam hijau kini identik dengan Squid Game karena digunakan kontestan permainan bertahan hidup. Anggota dan pemimpin sekte Kebeneran Baru dalam drama Korea Hellbound pun memakai jaket berwarna sama. Hanya saja, para pengikut sekte tidak memakai jaket tersebut.

HellboundHellbound Foto: dok. Netflix

3. Ada Anggota VIP Pakai Topeng

Salah satu episode Hellbound menampilkan sekelompok tamu yang disebut sebagai VIP. Mereka mengenakan topeng putih dengan penutup kepala berwarna hitam untuk menyembunyikan identitasnya.

HellboundHellbound Foto: Netflix/Jung Jaegu | Netflix

Para VIP diantar menuju beberapa kursi kosong yang berada di luar rumah pengikut sekte Kebenaran Baru, Park Jeong Ja (pemain Kim Shin Rok). Demonstrasi ibu dua anak itu disiarkan secara langsung dengan iming-iming uang untuk anaknya. Menurut keterangan polisi, tersirat bahwa anggota VIP menggelontorkan uang untuk duduk di kursi depan dan melihat pembantaian Park Jeong Ja yang diseret ke neraka.

Sebelumnya dalam drama Korea Squid Game, ada pula sekelompok tamu yang disebut sebagai anggota VIP. Untuk menyembunyikan identitasnya, mereka memakai topeng emas yang menyerupai bentuk kepala binatang. Sekelompok orang itu mempertaruhkan uang untuk menonton dan menebak kontestan yang gugur.

4. Ada Polisi Baik di Squid Game dan Hellbound

Drama Korea Squid Game mengenalkan penonton dengan sosok Hwang Jun Ho (pemain Wi Ha Joon), polisi 'impostor' yang menyusup dalam permainan bertahan hidup. Jun Ho ditampilkan sebagai polisi baik yang mencari keberadaan kakak laki-lakinya. Di akhir episode, Jun Ho mengetahui kakak laki-lakinya adalah Front Man, alias dalang permainan bertahan hidup tersebut.

Drama Korea HellboundHellbound Foto: dok. Netflix

Hellbound juga menampilkan polisi baik yang ditugaskan untuk menggali fakta tentang sekte Kebenaran Baru. Sang polisi Jin Kyeong Hoon (pemain Yang Ik Jun) bahkan menyadari putrinya tergabung dalam sekte tersebut. Pada satu titik, putri Kyeong Hoon menghilang seperti kakak laki-laki Jun Ho.

5. Ada Polisi Jahat di Squid Game dan Hellbound

Kesamaan Squid Game dan Hellbound lainnya ialah karakter polisi jahat. Seperti dilansir dari Newsweek, Front Man (pemain Lee Byung Hun) dalam Squid Game pernah menjadi polisi seperti adiknya Jun Ho.

Drama Korea Hellbound pun menampilkan plot twist saat mengungkap identitas rekan kerja Kyeong Hoon. Sang polisi adalah pendukung sekte Kebenaran Baru yang tergabung dalam kelompok Arrowhead.

(rcp/rcp)