Kisah ARMY Afghanistan Bakar Album BTS karena Taliban, Dilarang Dengar Musik

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 26 Agu 2021 21:00 WIB
BTS saat perilisan album BTS, The Best BTS. Foto: dok. Twitter
Jakarta -

BTS merupakan grup KPop yang telah mendunia. Para ARMY (sebutan penggemar BTS) tersebar di mancanegara termasuk Afghanistan yang menjadi sorotan dunia karena kembali dikuasai Taliban.

Namun, ARMY asal Afghanistan tak lagi dapat mendengarkan lagu BTS secara bebas. Mereka terpaksa mendengarkan musik 'aneh' Taliban yang diperdengarkan setiap hari.

Hal itu diungkap seorang wanita muda yang tinggal di ibu kota Kabul kepada JTBC News. Ia membagikan ceritanya sebagai seorang ARMY Afghanistan yang terpaksa membakar album BTS.

Kisah ARMY Afghanistan Bakar Album BTS

Pada Kamis (19/8/2021), JTBC News merilis video wawancara seorang penggemar BTS asal Afghanistan. Wanita itu lebih dulu menceritakan situasi mengerikan yang terjadi di negaranya.

"Aku sangat takut dan terkejut bahwa Taliban datang. Aku takut mendengar Taliban menculik gadis-gadis. Sejak Taliban mengambil alih, aku hanya menetap di rumah," ungkap sang ARMY.

Wanita muda itu mengungkap bahwa warga Afghanistan masih berhati-hati saat melihat ke luar jendela. Ia pun tak dapat mendengarkan musik yang biasanya diputar di jalanan Afghanistan.

"Aku tidak bisa lagi mendengar musik yang aku dengar di jalanan sebelum Taliban mengambil alih. Aku hanya mendengar musik aneh Taliban sepanjang hari," sambungnya.

Siswa berumur 18 tahun itu mengungkap ARMY Afghanistan terpaksa membakar atau menyembunyikan album BTS. Pasalnya, Taliban tidak mengizinkan warga Afghanistan mendengarkan musik mainstream.

"Situasi kami memaksa kami untuk membakar atau menyembunyikan foto dan album BTS kami," ungkap ARMY asal Afghanistan itu.

Wanita itu memohon kepada penggemar BTS mancanegara agarmembantu warga Afghanistan.

"Semua orang melihat kami mati. Aku berharap penggemar internasional tidak akan meninggalkan Afghanistan sendirian dalam hal ini," tandasnya.

ARMY Berdonasi untuk Wanita Afghanistan

Jungkook BTS akan berulang tahun ke-24 pada 1 September mendatang. Dalam rangka ulang tahunnya, ARMY dari mancanegara menggalang dana untuk membantu para wanita di Afghanistan.

Donasi tersebut diumumkan oleh fanbase Jungkook Internasional di akun Twitter (@Jungkook_Intl) pada Rabu (18/8/2021). Mereka menyalurkan dana melalui organisasi non profit Women for Women.

"Sebagai bagian dari ulang tahun Jungkook, kami telah memberikan donasi kepada Women for Women International Emergency Support for Afghan Women. Kami ingin menggunakan platform ini untuk mendorong orang lain berdoa untuk Afghanistan dan juga menyumbang jika berkenan," tulis akun Jungkook International.

Sejumlah penggemar BTS telah berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut. Donasi itu nantinya akan digunakan untuk mendukung pengungsian warga Afghanistan dan menyediakan bantuan kesehatan dan keselamatan para wanita di sana.



Simak Video "Curhat Pilu Fans BTS di Afghanistan Saat Taliban Berkuasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)