Atlet Korea Raih Medali Emas Olimpiade Dikritik karena Rambut Super Pendek

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 30 Jul 2021 18:00 WIB
Atlet Korea An San An San saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Getty Images/Justin Setterfield
Jakarta -

Pemanah wanita asal Korea Selatan, An San mendapat kritik karena tampil dengan rambut pendek di Olimpiade Tokyo 2020. Bintang Boys Before Flowers, Goo Hye Sun pun menunjukkan dukungan untuk An San dengan mengunggah fotonya berambut pendek.

Hal itu bermula dari komentar seorang netizen Korea yang menanyakan alasan An San memotong rambutnya. Ia mengomentari video yang memperlihatkannya berlatih memanah dengan potongan rambut baru pada Rabu (10/3/2021).

"Kenapa kamu memotong rambutmu? 😫" komentar seorang netizen.

"Karena nyaman~ 😏" balas pemilik akun Instagram ssaaaann__22 itu.

Atlet Korea An SanAtlet Korea An San Dikritik karena Rambut Pendek Foto: dok theqoo

Namun, sebuah forum komunitas pria Korea mempermasalahkan pilihan An San. Pemanah wanita yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 itu mendapat ujaran kebencian karena penampilannya. Mereka menuding rambut pendek sebagai 'tanda' feminis.

An San kemudian menuliskan di bio Instagram bahwa dirinya tidak akan membaca Direct Message lagi. "Aku rasa aku tidak bisa membaca DM-ku... Maaf."

Atlet Korea An SanIstilah "ung-aeng-ung" dan "oh-jo-oh-eok" yang digunakan An San Foto: dok. the qoo

Forum komunitas pria Korea itu juga menyoroti istilah yang digunakan An San, dan disangkutpautkan dengan feminis. Seperti "oh-jo-oh-eok" yang berarti "banyak" atau nominal 5,000,500,000,000 dan "ung-aeng-ung" yang artinya mirip "blah blah blah" dalam bahasa Inggris.

Nyatanya, istilah itu banyak digunakan remaja pria dan wanita di Korea Selatan.

Dukungan Goo Hye Sun untuk An San

Pemanah wanita Korea Selatan itu tengah menjadi perbincangan hangat di negara asalnya. Sejumlah netizen Korea menunjukkan dukungan untuk An San yang mengharumkan nama Korea Selatan di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

An San pun mendapat dukungan dari pemain drama Korea Boys Before Flowers, Goo Hye Sun. Aktris Korea berumur 36 tahun itu mengunggah sejumlah foto dirinya berambut pendek saat membintangi drama Korea Take Care of Us Captain pada 2012.

"Biarkan kami memiliki rambut pendek ^^" tulis Goo Hye Sun, pada Rabu (28/7/2021).

[Gambas:Instagram]

Dalam postingan berbeda, Goo Hye Sun menegaskan bahwa setiap wanita memiliki kebebasan untuk memilih. Ia memberikan penjelasan dari kata 'feminis' dan 'feminisme' yang seringkali disalah artikan.

"Aku seorang perempuan yang lahir di antara pria dan wanita. Aku seorang wanita yang tertarik pada pria.

Aku menyadari perbedaan interpretasi setiap orang tentang apa itu 'feminisme' dan bagaimana hal itu dianggap sebagai masalah sosial saat ini. Tetapi sebagai seorang wanita, sangat sulit untuk duduk dan melihat istilah 'feminis' menjadi sangat disalahpahami sebagai istilah yang penuh kebencian.

'Feminisme' adalah sebuah gerakan dan 'feminis' adalah orang-orang yang mendukung gerakan ini, yang dimaksudkan untuk membantu perempuan mematahkan stereotip gender dan memperjuangkan hak yang sama sebagai manusia. Feminis bertujuan untuk mengubah norma-norma sosial lama dan peran gender, sambil membangun peluang dan hasil yang sama bagi perempuan yang setara dengan laki-laki.

Tidak satu pun dari hal ini yang memecah divisi pria dan wanita. Ini (feminisme) untuk membiarkan manusia yang lahir sebagai perempuan menjadi apa yang mereka inginkan dan membiarkan mereka mempraktekkan hak asasi mereka. Aku memutuskan untuk membagikan postingan ini untuk meminta kita berhenti salah paham dengan apa itu 'feminisme' dan 'feminis' dan perjuangannya.

Kita semua memiliki kebebasan sendiri," tulis pemilik akun Instagram kookoo900 itu, pada Kamis (31/7/2021).

Terlepas dari kritik yang diterimanya, An San adalah pemanah wanita yang menorehkan prestasi membanggakan bagi Korea Selatan. Di umur 20 tahun, ia berhasil memenangkan dua medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)