Most Pop Sepekan: Tangis Seorang Driver yang Diberi Uang Tip Rp 16 Ribu

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 13 Jun 2021 19:30 WIB
Upset drunk driver is caught driving under alcohol influence. Man covering his face from police car light. Foto: Getty Images/iStockphoto/PaulBiryukov
Jakarta -

Seorang kurir makanan jadi viral karena curhatnya di media sosial. Pria bernama Smithson Michael tersebut posting di TikTok mengenai orderan baru-baru ini yang membuatnya sedih yang menjadi perhatian pembaca selama sepekan belakangan.

Smithson kecewa setelah diberi tip sedikit padahal ia berkendara selama sejam. Pria tersebut pun berharap orang tahu apa rasanya mengantar makanan dan bisa bersimpati.

Pengendara Uber Eats mengungkap kesulitannya selama bekerja mengantar makanan. Di tengah pandemi Corona, ia kesusahan untuk menghasilkan uang terlebih ketika tidak diberi uang tip yang pantas oleh pemesan. Dalam video yang sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali, ia menangis ketika menceritakan kisahnya diberi tip $1.19 atau sekitar Rp 16 ribu setelah perjalanan lebih dari satu jam.

@deliveryguy100

♬ original sound - Smithson Michael

"Aku harap orang tahu apa rasanya mengantar untuk Uber Eats, Postmates, Doordash, semua perusahaan (pengiriman makanan) ini. Aku baru saja menghabiskan satu jam menyetir untuk tip $1.19. Maksudnya, apakah sulit untuk memberi kami tip, lemparkan kami lima dollar (Rp 71 ribuan). Apa itu? Tidak cukup untuk bensin. Bagaimana aku harus bertahan seperti itu?" katanya.

Smithson mengaku bahwa ia kini tidak punya tempat tinggal dan tidak bisa membayar cicilan mobil empat bulan belakangan. Seperti banyak pekerja jasa di Amerika Serikat, ia juga mengandalkan tip untuk menaikkan penghasilan. Karena itu, Smithson merasa hidupnya berantakan.

"Semuanya berantakan dan aku tidak bisa menopang diriku sendiri, menghidupi diriku sendiri dan ini adalah layanan yang penting. Aku harap orang tahu apa rasanya. Aku harap mereka mengerti apa rasanya mengantar untuk jasa ini," tutur Smithson.

Kebanyakan orang di kolom komentar pun mengaku simpati padanya meski ada pula yang merasa ia harus bersyukur punya pekerjaan. Beberapa bahkan menuliskan akan mengirimkan Smithson uang sebagai gantinya.

Selama pandemi Corona, banyak orang memilih untuk memesan makanan untuk diantar ke rumah dari pada ke restoran. Meski begitu tetap banyak restoran, kurir, dan penyedia layanan yang kesulitan untuk mendapatkan pesanan. Uber sendiri dikatakan rugi Rp 95 triliun tahun lalu.

(ami/sra)