Jadi Kontroversi, Wanita Ini Buka Kelas Yoga Tanpa Busana

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 09 Mei 2021 21:30 WIB
Pregnancy Yoga and Fitness. Portrait of young pregnant yoga model working out in loft with white walls. Pregnant fitness person practicing yoga at home. Prenatal Balasana, Child Pose Ilustrasi yoga Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Pelatih yoga ini membuka kelas yoga yang jadi kontroversi. Wanita bernama Doria Gani itu membuka kelas naked yoga atau yoga tanpa memakai busana.

Wanita yang tinggal di Inggris itu mengaku sudah bertahun-tahun menyukai yoga hingga mendapatkan sertifikasi sebagai pengajar yoga di 2014. Pada awalnya dia membuka kelas yoga biasa, namun setelah mengikuti festival naked yoga, Doria terinspirasi membuka kelas latihan tanpa mengenakan sehelai pakaian.

"Aku ingin berbagi kebebasan dengan mengajar naked yoga. Pada April 2016 aku mulai membuka kelas naked yoga dengan pertemuan sendiri-sendiri," ujarnya, seperti dikutip The Sun.

Yoga tanpa menggunakan busana menjadi hal yang tabu dan membuat orang merasa tak nyaman. Di 2017, Doria memberanikan diri untuk membuka kelas naked yoga dengan belasan murid, pria dan wanita.

"Beberapa orang di kelasku merasa malu dengan lutut yang diletakkan di area dada. Telanjang menjadi sesuatu yang mengerikan, tapi ketika kamu bisa mengatasi masalah tubuh, kamu akan merasa diberdayakan," ungkap Doria.

Meski kelas yoganya menjadi kontroversi, namun Doria mengaku bahwa naked yoga memberikan manfaat. Menurutnya, yoga tanpa busana membuat seseorang bisa menerima dirinya dengan lebih baik.

"Ada kliennya yang mengatakan bahwa kelas yogaku membantunya merasa bahwa tempat aman baginya untuk bertelanjang dengan pria dan wanita. Naked yoga telah menyembuhkan dan membantunya menerima tubuhnya," jelas Doria.

(kik/kik)