Meghan Markle Dituding Plagiat Buku, Ada Seruan Boikot

Hestianingsih - wolipop Kamis, 06 Mei 2021 17:06 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 07: Prince Harry, Duke of Sussex and Meghan, Duchess of Sussex arrive at the Royal Albert Hall on March 7, 2020 in London, England. (Photo by Eddie Mulholland-WPA Pool/Getty Images) Foto: Getty Images/WPA Pool
Jakarta -

Belum resmi terbit, buku anak karangan Meghan Markle sudah menuai kritik. Sejumlah netizen menuding kalau istri Pangeran Harry itu sudah melakukan plagiat.

Buku Meghan Markle yang berjudul 'The Bench' disebut punya kemiripan dengan buku 'The Boy on the Bench' karangan Corrine Averiss dan Gabriel Alborozo. Seperti dilansir Pagesix, buku tersebut diterbitkan pada 2018.

Netizen di Twitter menyebut buku yang ditulis Meghan Markle tidak hanya punya kemiripan dari segi judul. Tapi ilustrasi pada sampul buku juga mirip. Yakni sama-sama menampilkan kursi taman dari kayu di dekat pohon rindang.

Bedanya, pada sampul 'The Boy on the Bench' menggambarkan seorang anak duduk bersama ayahnya, sambil menonton anak-anak lain bermain. Sementara sampul buku Meghan Markle lebih simpel, hanya ada kursi, pohon dan burung.

Buku 'The Boy on the Bench'.Buku 'The Boy on the Bench'. Foto: Dok. Amazon

"Sebelum beli dan menghabiskan uang untuk buku yang ditulis istrinya Harry, baca dulu 'The Boy on the Bench' oleh Corrine Averiss dan Gabriel Alborozo... Yang asli," tulis salah satu pengguna Twitter.

"Aku berani bertaruh kalau buku karangan Corrine ada di salah satu koleksi buku Archie. Dari situlah idenya berasal. Aku tidak percaya kalau itu semua hasil pemikirannya atau refleksi dari sajak kehidupannya," kritik netizen lain.

Bahkan ada netizen yang mengklaim kalau buku tersebut benar hasil plagiat dan harus diboikot.

Namun tudingan itu disanggah oleh penulis yang diduga netizen telah jadi korban plagiarisme Meghan Markle. Lewat unggahan Twitter, Corrine, sang penulis 'The Boy on the Bench', menyatakan bahwa Meghan Markle tidak menjiplak karyanya.

Buku 'The Boy on the Bench'.Buku 'The Bench'. Foto: istimewa

"Membaca deskripsi dan kutipan dari buku Duchess, ceritanya tidak sama seperti 'The Boy on the Bench'. Dan saya tidak melihat adanya kemiripan," tulisnya.

Meghan Markle sendiri mengatakan kalau 'The Bench' berawal dari sebuah puisi yang ditulisnya untuk sang suami, Pangeran Harry di Hari Ayah. Puisi tersebut diciptakan beberapa bulan setelah kelahiran Archie.

(hst/hst)