Punya 6 Anak, Zaskia Mecca Ungkap Tradisi Unik Keluarga Saat Ramadhan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 23 Apr 2021 15:34 WIB
Zaskia Adya Mecca dan anak-anaknya Foto: Instagram @hanungbramantyo
Jakarta -

Setiap keluarga punya tradisi masing-masing selama bulan Ramadhan. Apalagi untuk mereka yang memiliki banyak anak atau saudara. Zaskia Mecca pun memanfaatkan bulan suci ini untuk menghabiskan waktu berkualitas bareng keenam anaknya. Selain beribadah bersama, Zaskia dan keluarga mengaku melakukan aktivitas-aktivitas unik lain, seperti membuat hampers hingga film pendek.

Salah satu nilai plus dari punya keluarga besar adalah bisa membuat tradisi unik untuk dilakukan bersama. Keluarga sutradara Hanung Bramantyo dan aktris Zaskia Adya Mecca pun merasakan asyiknya berkumpul di bulan Ramadhan dengan enam anak mereka. Diakui Zaskia jika mereka memang suka mencari kegiatan khusus di bulan puasa dan belakangan disibukkan dengan aktivitas menjelang berbuka.

"Selama pandemi ini jadi lebih banyak berkegiatan di rumah. Karena kita mau bikin banyak hampers, aku sama anak-anak bikin yang bentuknya lucu. Jadi kita kasih personal touch, kita rangkai sendiri, bikin kartu sendiri," ungkapnya dalam acara Ngabuburit Bareng Lazada yang digelar virtual, Kamis, (22/4/2021).

Saat bulan puasa, Zaskia Mecca memang biasanya banyak mengirim hampers ke saudara, teman, juga karyawan. Tidak ingin asal memberi, ia mengaku selalu memperhatikan apakah barang-barang dalam parsel tersebut benar-benar akan terpakai penerimanya nanti. Karena itu, hampers yang diberikan juga ingin diberi sentuhan pribadi masing-masing agar lebih berkesan. Bukan hanya Zaskia, anak-anaknya pun ikut memberi hantaran Ramadhan untuk teman dan guru.

"Tahun ini kita juga bikin short movie seperti tahun lalu, bikin hampers bareng-bareng juga buat guru-gurunya, biasanya menjelang buka puasa kita gunting-gunting. Seru banget, misalnya Kaba satu kartu jadinya satu hari padahal gurunya ada 10. Jadi dengan ini kita mengajarkan bahwa di Islam disunahkan untuk berbagi karena bisa mempererat persaudaraan," kata wanita 33 tahun tersebut.

Zaskia pun berbicara mengenai pentingnya menghabiskan waktu dengan anak dan membuat kenangan. Menurutnya, memori adalah sebuah hadiah paling berarti untuk mereka dibandingkan barang.

"Bisa quality time sama anak itu akan menjadi pegangan mereka karena memori itu yang mahal. Banyak orangtua bisa kasih barang tapi nggak banyak yang bisa meninggalkan memori. Aku ingin anak-anak tumbuh bersama aku karena suami sudah banyak di luar jadi mereka nggak kehilangan waktu sama kedua orangtua," ujar Zaskia Mecca.

(ami/ami)