20 Pantun Lucu Yang Menghibur, Kocak Bikin Senyum Simpul

Lukita Wardani - wolipop Minggu, 21 Mar 2021 16:00 WIB
Close up photo beautiful she her business lady hand arm head raised up laugh laughter big salary income earnings genius startup notebook table sit office chair wearing specs formal-wear shirt. Ilustrasi pantun lucu yang menghibur. Foto: iStock
Jakarta -

Pantun adalah karya puisi Indonesia (Melayu) yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran dengan cara menghibur. Bisanya untuk membawakan pantun diperlukan intonasi nada bicara yang berbeda dan jenaka. Mau inspirasi pantun lucu?

Selain itu pantun kerap digunakan dalam acara-acara besar seperti pernikahan di adat Betawi atau pun pembuka atau penutup sebuah sambutan. Dalam sebuah pidato atau sambutan, pantun lucu diucapkan untuk mencarikan suasana.

Ciri utama pantun adalah terdiri dari empat baris dan menggunakan sajak A-B-A-B. Tema pantun berbeda-beda, ada yang tentang cinta, nasihat, lucu hingga pujian.

Berikut inspirasi pantun lucu yang menghibur:

1. Burung perkutut

burung kutilang

kamu kentut

nggak bilang bilang

2. Cari monyet buat makan kutu

jangan lupa bawa palu

sekali lagi pantun lucu dibilang nggak lucu

gue tinggalin lu.

3. Bantu ibu membuat ketupat

biar jadi anak hebat

paling suka makan kue pukis

eh botak jangan nangis

4. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Berat elu yang mikul, ringan gue yang jinjing.

5. Buah pisang buah tomat

disimpan di dalam lumbung padi

pantas tercium bau menyengat

rupanya kau belum mandi

6. Pergi ke hutan mencari jerapah

Jangan lupa bawa palu

sekali lagi lu bilang cius miapah

gue plester mulut lu

7. Jalan-jalan ke pinggir empang

nemu sendok di pinggir empang

hati siapa tak bimbang

situ botak minta dikepang

8. Baju merah

punya mang oding

Jangan marah

hanya just kidding

9. Bunga sekuntum boleh diikat

bunga dahlia hanya sebatang

sekali senyum aku terpikat

senyum kedua dompetku hilang

10. Jalan-jalan ke rumah tatan..

rumahnya ada di Palembang..

dah lama nggak dapat kabar dari si mantan..

eh tahu-tahu dah jadi janda kembang

11. Berakit rakit ke hulu

berenang berenang ke tepian

gimana mau ngajak kamu ke penghulu

kalau status aja masih temenan

12. Malam hari memasak gurita

dicampur cabe dan buah berminyak

Memang kamu cantik jelita

Sayang ketawanya kayak kuntilanak

13. Di sini Gunung, Di sana gunung

Banyak amat yah gunungnya...

Di sini bingung, di sana linglung

Emangnya enak, enggak nyambung

14. Masak bubur letak dalam meja

Makan bersama keluarga tercinta

Hari minggu tetap kerja

Tetap semangat walau gaji tidak seberapa

15. Makan kedelai tanpa beri bumbu

ada bumbu tapi merica

Akan kutemui ayah ibumu

Demi restunya cinta kita.

Pantun Lucu 2 Baris

16. Air cuka, bikin mules

Tanggal tua, bikin ngenes

17. Beli batik di Pekalongan

lo cantik karena editan

18. Ke pasar, nyari obat gatal

Dasar, orang nggak modal

19. Jalan kaki ke pasar rebo

Jauh broo

20. Dapet kado isinya tomat

Gue bodo amat.

Itulah 20 pantun lucu yang bisa kamu gunakan untuk menghibur teman atau kerabat.



Simak Video "Kemesraan Kylie Jenner dan Travis Scott di Hari Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya