11 Ucapan Hari Raya Nyepi 2021 dan Sejarah Perayaannya Menurut Agama Hindu

Puti Yasmin - wolipop Minggu, 14 Mar 2021 17:30 WIB
Bali tampak sepi dari aktivitas warga maupun wisatawan saat Hari Raya Nyepi. Pada saat itu umat Hindu di Pulau Dewata jalani catur brata penyepian selama 24 jam Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/11 Ucapan Hari Raya Nyepi 2021 dan Sejarah Perayaannya Menurut Agama Hindu
Jakarta -

Hari raya Nyepi tahun baru Caka 1943 jatuh pada hari ini, Minggu (14/3/2021). Perayaan ini merupakan tahun baru bagi umat Hindu berdasarkan kalender Caka sejak 78 masehi.

Dikutip dari CNN Indonesia, Nyepi dilaksanakan dengan tujuan permohonan kepada Tuhan untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). Sehingga perayaannya dimaknai dengan penuh keheningan.

Ucapan Nyepi 2021:

Memberikan ucapan hari raya merupakan salah satu bentuk toleransi dan memperkuat hubungan antar manusia. Nah, ada berbagai ucapan Nyepi bahasa bali dan bahasa Indonesia yang bisa detikers kirim di sosial media.

-Rahajeng Rahina Nyepi semeton sareng sami! (Selamat hari raya Nyepi saudara semuanya)

-Selamat hari Raya Nyepi 2021. Semoga perayaan ini menjadi permulaan baru yang bersih bagi kita semua.

-Kesunyian dalam perayaan Nyepi mengingatkan akan makna hidup yang sesungguhnya. Semoga Sang Hyang Widhi Wasa selalu melindungi kita. Selamat Nyepi 2021.

-Rahajeng Rahina Nyepi Saka 1943, dumogi santhi ring dija ja megenah (Selamat hari raya Nyepi Saka 1943, semoga damai selalu di mana pun berada)

-Selamat hari raya Nyepi teman-teman semua. Semoga kita senantiasa ingat akan kehadiran-Nya.

-Semoga Sang Hyang Widhi Wasa selalu menyertai kita semua. Rahajeng rahina Nyepi, semeton!

-Perayaan Nyepi mengingatkan kita akan jati diri yang sesungguhnya. Semoga kita selalu menyayangi satu sama lain dan memaafkan segala kekeliruan yang pernah terjadi. Selamat Nyepi.

-Nyepi dilakukan dengan penuh khidmat untuk menemukan cahaya pencerahan dari Sang Hyang Widhi Wasa. Selamat melaksanakan Catur Brata Penyepian, teman.

-Kepada semua umat Hindu yang merayakan, selamat hari raya Nyepi. Semoga Nyepi dapat dijadikan sarana menahan hawa nafsu.

-Kesunyian selama perayaan Catur Brata menyembuhkan bumi. Semoga kita semua bisa mendapatkan rahmat dari Sang Hyang Widhi Wasa.

-Selamat Nyepi 2021 teman-teman semua. Semoga perenungan diri ini dapat mengembalikan jiwa menjadi bersih dan suci.

  • Sejarah Hari Raya Nyepi

Dikutip dari buku 'Nyepi: kebangkitan, toleransi, dan kerukunan' karya Nyoman S. Pendit tujuan hari raya Nyepi dilaksanakan berkat Pendita Saka gelar Aji Saka dalam menyebarkan doktrin kebangkitan dan toleransi beragama. Untuk itu, setiap tanggal 1 dan bulan 1 kalender Caka diperingati sebagai hari raya Nyepi.

Tujuan hari raya Nyepi adalah memperluas jaringan persaudaraan hakiki antara manusia dengan jalan menumbuhkan kepribadian utuh dalam diri manusia, solidaritas tulis antar sesama, rasa tanggung jawab tinggi kepada masyarakat, serta toleransi hangat kepada pihak lain.

Umat Hindu sendiri mengagungkan hari raya Nyepi sebagai kebutuhan mutlak demi meningkatkan spiritualitas pribadi masing-masing. Sebaliknya, umat Hindu juga meyakini bahwa kebaktian yang dilakukan untuk agama sangat didambakan, walaupun tidak dapat diukur melalui nilai.

Selamat hari raya Nyepi 2021, detikers!

(pay/erd)