Aktris China Dapat Perlakuan Rasisme karena Peran Jadi Pacar Harry Potter

Hestianingsih - wolipop Jumat, 12 Mar 2021 12:00 WIB
Katie Leung sebagai Cho Chang di Harry Potter. Katie Leung (kiri) bersama Evanna Lynch. Foto: Gerardo Mora/Getty Images
Jakarta -

Aktris Katie Leung mengungkap dia pernah menjadi korban perundungan di internet atau cyberbullying terkait isu rasial saat membintangi seri film Harry Potter. Hal ini dibongkarnya ke publik setelah 15 tahun bungkam.

Katie Leung merupakan bintang Harry Potter yang memerankan Cho Chang, cinta pertama sekaligus kekasih karakter utamanya, Harry Potter. Tak hanya popularitas yang dia dapat dengan memerankan salah satu tokoh inti tersebut tapi juga perundungan.

Aktris 33 tahun ini mengaku dihujani serangan bernada rasisme saat membintangi film franchise yang populer di era pertengahan 2000-an tersebut. Dia mulai mendapat hujatan secara online setelah pengumuman keterlibatannya di film 'Harry Potter and the Goblet of Fire' pada 2005 silam.

"Saya Googling nama saya pada suatu waktu, dan masuk ke situs yang sepertinya didedikasikan untuk fandom Harry Potter. Saya ingat membaca semua komentar di sana. Dan, yah, banyak sekali hujatan rasis," kata Katie Leung di podcat 'Chinese Chippy Girl' yang dirilis Senin (8/3/2021), seperti dilansir Variety.

ORLANDO, FL - JANUARY 29:  'Harry Potter' cast members (L-R) Rupert Grint, Bonnie Wright, Matthew Lewis, Katie Leung and Evanna Lynch attend the 3rd Annual Celebration Of Harry Potter at Universal Orlando on January 29, 2016 in Orlando, Florida.  (Photo by Gerardo Mora/Getty Images)Katie Leung (kanan) saat perayaan Harry Potter di Orlando, Florida, 29 Januari 2016. Foto: Gerardo Mora/Getty Images

Kala itu usia Katie Leung masih 16 tahun dan dia diminta tim publisis untuk tak membahas perlakuan rasisme yang dialaminya selama masa promosi film Harry Potter. Bahkan mereka menyuruhnya bersikap seolah-olah peristiwa itu tidak pernah terjadi.

"Saya ingat mereka bilang, 'Oh, lihat Katie, kami belum pernah melihat ini, situs-situs yang dibicarakan banyak orang. Dan kau tahu, kalau kamu ditanya tentang itu, jawab saja itu tidak benar. Tidak pernah terjadi'. Saya cuma bisa mengangguk," ujarnya.

Kejadian tersebut rupanya membuat Katie Leung menyesal di masa sekarang. Dia berharap saat itu dirinya bisa mengutarakan apa yang sebenarnya terjadi. Sementara itu Warner Bros. belum memberikan tanggapannya terkait hal ini.

Katie Leung sebagai Cho Chang di Harry Potter.Katie Leung sebagai Cho Chang di Harry Potter. Foto: Dok. Warner Bros.

"Saya terus menggumam, 'Oh andaikan saya bisa berkata sesuatu.' Tapi tidak bisa," pungkasnya.

Katie Leung muncul di empat film Harry Potter sebagai Cho Chang. Setelah 'Goblet of Fire', dia juga eksis di 'Order of the Phoenix', 'Half-Blood Prince' dan 'Deathly Hallows: Part 1 & Part 2'.

Lepas dari Harry Potter, aktris keturunan China yang lahir di Skotlandia ini juga membintangi sejumlah film dan serial seperti 'Locked Down', 'The Foreigner', 'White Dragon' dan 'The Nest'.

(hst/hst)