Kisah Wanita yang Bangkit dari Kematian dan Hidup Hingga 47 Tahun

Hestianingsih - wolipop Kamis, 04 Mar 2021 19:30 WIB
Casket in funeral service Ilustrasi peti mati. Foto: iStock
Jakarta -

Kisah manusia yang bangkit dari kematian mungkin hanya ada di novel atau film fiksi. Tapi cerita satu ini diyakini benar-benar terjadi.

Seorang wanita bangun dari peti mati di hari pemakamannya. Membuat suasana duka berubah jadi horror. Peristiwa ini sempat menghebohkan dan jadi inspirasi penulis Jan Bondeson untuk bukunya 'Buried Alive: The Terrifying History of Our Primal Fear' yang rilis 2001 silam.

Peristiwa langka ini sendiri terjadi pada 1915. Seorang wanita asal Blackville, South Carolina, bernama Essie Dunbar dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kejang-kejang parah akibat epilepsi.

Dokter pun menempatkan jenazahnya dalam peti mati dan menjadwalkan pemakaman di keesokan harinya, agar adiknya yang tinggal di luar kota, masih bisa memberi penghormatan terakhir. Saat dinyatakan meninggal, wanita kulit hitam itu berusia 30 tahun.

Namun jarak tempuh yang sangat jauh membuat sang adik melewatkan prosesi pemakaman. Bahkan ketika peti mati sudah diturunkan ke liang lahat sedalam enam kaki, ia juga belum sampai.

Adik Essie baru tiba hanya beberapa saat sebelum urukan tanah pertama ditumpahkan ke atas peti. Melihat hal itu, pihak pengurus pemakaman memutuskan memberi kesempatan baginya untuk melihat saudarinya terakhir kali.

Makam Essie pun digali kembali. Di sinilah peristiwa mengejutkan itu terjadi. Setelah sekrup dilepas dan pintu peti terbuka, wanita berkulit hitam itu bangun dan duduk di dalam peti mati, dengan memasang senyum ke wajah adiknya.

Orang-orang yang hadir di pemakaman pun kaget dan ketakutan. Termasuk tiga pengkhotbah yang terjatuh ke liang lahat karena terdorong mereka yang berdesakan ingin segera pergi dari pemakaman.

Para pelayat dan adik Essie berteriak dan meyakini bahwa sosok di dalam peti mati itu adalah hantu. Lebih mengherankan lagi, setelah bangkit dari kematian, Essie Dunbar mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Seperti dikutip dari Mental Floss, ia hidup selama 47 tahun kemudian.

Namun Essie harus menjalani hidupnya di tengah kecurigaan para tetangga karena kejadian tersebut. Bahkan muncul rumor bahwa dia adalah zombie yang kembali dari kematian. Essie meninggal dunia 'untuk kedua kalinya dan terakhir kali' pada 22 Mei 1962 dalam usia 77 tahun.

Kronologi mengapa Essie Dunbar bangkit lagi setelah dinyatakan meninggal dunia hingga kini masih jadi misteri. Apakah karena dokter salah mendiagnosa atau memang ada keajaiban. Namun ada pula yang meragukan apakah peristiwa tersebut benar terjadi atau hanya legenda urban.

Ceritanya sendiri awalnya tersebar dari mulut ke mulut hingga dirilis dalam sebuah artikel yang terbit pada 1955. Kemudian artikel tersebut dicetak ulang secara verbatim dalam sejumlah makalah yang rilis antara tahun '50-an hingga '80-an.

(hst/hst)