Pembaca Berita Pria Dikira Pakai Baju Wanita, Picu Perdebatan Online

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 18 Feb 2021 10:13 WIB
Presenter Berita Pakai Cheongsam Presenter disebut pakai baju wanita. (Foto: Dok. RTM)
Kuala Lumpur -

Perdebatan terjadi antara warganet karena masalah pakaian yang dipakai presenter berita pria. Ia mengenakan baju cheongsam pria atau wanita?

Semuanya berawal ketika Mohd Dhihya Sahlan muncul di sebuah program berita di TV RTM Malaysia yang tayangnya bertepatan dengan perayaan Imlek, Jumat (12/2/2021).

Dalam foto yang beredar di media sosial, ia tampak mengenakan baju merah berkerah cheongsam yang disebut-sebut netizen mirip mirip baju wanita.

"Si pria dan stasiun tv tidak sadar kalau dia sedang memakai cheongsam perempuan," komentar seorang netizen seperti dikutip The Star Malaysia.

Karena mendapat banyak respons negatif, RTM pun menampik dugaan tersebut dan mengatakan bahwa sang presenter memakai baju yang sesuai.

Menurut RTM, baju tersebut bernama samfu, salah satu baju tradisional yang berasal dari etnik Machu. Selain wanita, baju ini memiliki versi untuk pria. "Salahnya, ukuran baju presenter kami terlalu besar," ujar K. Krishnamoorthy, direktur humas RTM.

Gara-gara baju ini, komunitas fashion di Malaysia juga ikut terbelah. Desainer Melinda Looi mengatakan baju sang presenter memang mirip samfu.

Di sisi lain, banyak desainer yang menganggap pakaian tersebut tak didesain dengan baik. Menurut mereka, bahan yang terlalu tipis dan mengilap menciptakan kesan yang terlalu feminin. Maka tak heran banyak orang yang menduga sang presenter memakai baju wanita.

(dtg/dtg)