5 Idol KPop yang Baru Lulus SMP Tahun Ini, Bikin Netizen Merasa Tua

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 05 Feb 2021 19:30 WIB
Zoa Weeekly Foto: Twitter
Jakarta -

Sudah jadi rahasia umum, idol KPop menjalani persaingan ketat untuk debut dalam grupnya. Demi mewujudkan impian, mereka menjalani masa trainee sejak usia belia. Seperti sejumlah idol KPop yang akan lulus SMP tahun ini. Siapa saja mereka?

Saat remaja lain menghabiskan masa muda untuk bermain, deretan idol KPop ini berlatih menari dan menyanyi. Berkat kerja kerasnya, mereka berhasil debut sebelum lulus SMP dan raih popularitas.

Berikut 5 idol KPop yang akan dan baru lulus SMP tahun ini dan berhasil debut di usia belasan tahun.

1. Ni-ki ENHYPEN

Ni-ki ENHYPENNi-ki ENHYPEN. Foto: Twitter

Ni-ki merupakan penari utama dan maknae grup ENHYPEN yang debut di umur 14 tahun. Ia mengawali kariernya sebagai konsestan acara survival I-LAND dan berhak debut setelah menempati peringkat ke-4.

Karena kemampuan menarinya, Ni-ki ENHYPEN dijuluki sebagai 'Super Dancer' dan 'Little Michael Jackson'. J-Hope BTS dan koreografer Big Hit Entertainment, Son Sungdeuk bahkan mengakui bakat alami yang dimiliki Ni-ki ENHYPEN.

Ni-ki ENHYPEN lahir pada 9 Desember 2005. Idol KPop ini akan lulus SMP tahun ini dan menurut sebuah laporan, Ni-ki masih terdaftar sebagai siswa SMP di Jepang.

2. Junghwan TREASURE

Junghwan TREASUREJunghwan TREASURE. Foto: Twitter

Junghwan merupakan vokalis dan member termuda grup TREASURE, yang lahir pada 18 Februari 2005. Junghwan TREASURE mengawali kariernya di umur 9 tahun sebagai model dan bintang iklan.

Sebelum debut sebagai member TREASURE, Junghwan mengikuti acara survival YG TREASURE BOX yang diikuti 29 trainee YG Entertainment. Ia debut pada tahun 2019 saat berumur 14 tahun.

Idol KPop ini telah lulus dari SMP Shinsu Korea tahun ini. Selain Junghwan TREASURE, sekolah ini memiliki alumni idol KPop lain seperti Minzy 2NE1 dan Minhyuk BTOB.

3. Zoa Weeekly

Zoa WeeeklyZoa Weeekly. Foto: Twitter

Zoa lahir pada 31 Mei 2005 dan merupakan visual, vokalis, maknae grup Weeekly. Walau masih 15 tahun, pemilik nama asli Jo Hye Won ini dijuluki 'Giant Baby' karena memiliki tinggi semampai hingga 171 cm.

Sebelumnya, Zoa merupakan trainee di bawah naungan agensi Play M Entertainment dan tergabung dalam 'grup' FAVE GIRLS. Dari 26 trainee yang tergabung dalam FAVE GIRLS, Zoa berhasil menjadi salah satu member Weeekly yang beranggotakan 7 orang.

Zoa bahkan meninggalkan SMP lamanya agar fokus menjalani masa trainee hingga debut Juni 2020 lalu. Idol KPop ini akan lulus SMP pada 4 Februari 2021 sebagai alumni SMP Hanyang University.

4. Soul P1Harmony

Soul P1HarmonySoul P1Harmony. Foto: Twitter

Haku Shota, yang dikenal dengan nama panggung Soul merupakan rapper grup P1Harmony. Blasteran Korea-Jepang ini debut di umur 14 tahun setelah menjalani masa trainee di bawah naungan FNC Entertainment.

Soul menjadi member ke-5 yang diumumkan debut dalam Soul P1Harmony, yang beranggotakan 6 orang. Ia lahir di Jepang pada 1 Februari 2015.

Menjelang ulang tahunnya ke-16, Idol KPop ini kemungkinan akan lulus SMP tahun ini. Belum diketahui pasti, apakah Soul P1Harmony terdaftar di SMP Jepang atau Korea. Namun, maknae dari grup P1Harmony, Jongseob diketahui telah lulus SMP setelah mengambil sertifikat GED-nya.

5. Jieun Busters

Jieun BustersJieun Busters. Foto: Twitter

Pemilik nama lengkap Jeon Ji Eun ini lahir pada 5 Maret 2005. Jieun Busters mengawali kariernya sebagai aktris cilik dan merupakan kakak dari Minji Busters (Jeon Min Ji).

Jieun Busters bergabung pada Desember 2019 untuk menggantikan posisi eks member, Kim Min Ji. Grup Busters sendiri debut pada tahun 2017 di bawah naungan agensi JTG Entertainment dan Marbling E&M Inc.

Jieun merupakan rapper utama dan vokalis grup Busters. Sekolah Jieun belum diketahui secara pasti, namun idol KPop ini diperkirakan lulus SMP tahun ini.

(rcp/hst)