7 Hal yang Bikin Home Alone Film Natal Klasik Sepanjang Masa

Hestianingsih - wolipop Jumat, 25 Des 2020 19:31 WIB
Home Alone 2 Foto: Home Alone 2 (imdb.)
Jakarta -

Home Alone selalu menjadi tontonan populer saat Natal. Dirilis pada 1990, film Home Alone nyaris tak pernah absen diputar di layar kaca setiap tahunnya.

Film Home Alone diproduksi menjadi empat sekuel. Namun ada dua yang paling dinantikan setiap Natal tiba, Home Alone 1 dan Home Alone 2, yang dibintangi Macaulay Culkin.

Apa sih yang membuat Home Alone menjadi film Natal paling spesial dan klasik? Ini beberapa faktornya.

1. Macaulay Culkin

Film Home Alone mungkin tidak akan sama jika tokoh utamanya, Kevin, bukan diperankan Macaulay Culkin. Sang aktor sukses memainkan tingkah polah bocah yang bandel tapi menggemaskan ini hingga menjadi salah satu ikon populer di Hari Natal. Sulit rasanya membicarakan Home Alone tanpa membahas Macaulay Culkin.

Home AloneHome Alone. Foto: Home Alone (dok. IMDB)

2. Home Alone Mengangkat Isu Keluarga

Meskipun lebih banyak adegan komedi, kisah Home Alone sebenarnya menitikberatkan pada keluarga dan berbagai problematikanya. Di mana terkadang karena terlalu sibuk mengurus berbagai hal, orangtua terkadang lupa dengan anak yang butuh diperhatikan. Film ini juga menggambarkan meskipun sering terjadi cek-cok antar kakak dan adik, mereka tetap peduli dan khawatir ketika saudaranya berada dalam bahaya.

3. Kental Suasana Liburan

Natal dan Tahun Baru identik dengan liburan dan kumpul keluarga. Home Alone mencerminkan realita repotnya keluarga saat harus mempersiapkan dan mengatur liburan. Kebersamaan antar kerabat membuat penonton selalu rindu akan kehangatan saat semua anggota keluarga berkumpul.

Screenshoot adegan film 'Home Alone'.Adegan film 'Home Alone'. Foto: Dok. Ist

4. Banyak Ornamen Natal

Sejak awal film dimulai, penonton sudah disuguhi dengan nuansa Natal yang kental. Mulai dari rumah-rumah dihiasi ornamen Natal, putihnya salju, kerlap-kerlip lampu, deretan pohon cemara hingga setting lokasi yang selalu dihiasi tema warna khas Natal seperti hijau, merah dan emas.

5. Musik yang Hangat dan Festive

Satu hal yang membuat Home Alone sulit dilupakan sebagai salah satu film Natal terbaik adalah musiknya. Di bawah arahan komposer John Williams, telinga penonton dimanjakan dengan musik-musik hangat nan menggugah hati. Belum lagi beberapa lagu populer yang ikut diselipkan dalam film seperti Have Yourself a Merry Little Christmas, White Christmas dan Run Rudolph Run.

Bahkan musik garapan John Williams untuk Home Alone pernah masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori Best Original Song dan Best Original Score.

6. Duo Maling yang Culun

Kehadiran duo maling, Harvey dan Marv, tentu membuat film spesial Natal ini makin istimewa. Kelakuan para maling yang culun dan seperti amatiran sukses mengocok perut penonton karena babak belur jadi 'korban' kejahilan Kevin.

7. Sarat Pesan Moral

Banyak pesan moral yang bisa diambil dari film Home Alone. Pertama bagi orangtua, janganlah terlalu tenggelam dengan kesibukan hingga mengabaikan perasaan anak, bahkan melupakan keberadaan mereka.

Kedua, lewat sosok Kevin, anak bisa dilatih agar tak panik dan bisa mencari solusi saat menghadapi kesulitan. Ketiga, semenyenangkan apapun hidup sendiri, kehadiran keluarga tetap sangat penting dan dirindukan, terutama ibu.

Keempat, jangan selalu menilai orang dari penampilan luar. Pesan ini tercermin lewat tokoh Marley, seorang kakek tetangga Kevin, yang sempat dicurigai sebagai kriminal karena penampilannya yang seram dan tidak pernah tersenyum. Ternyata dia pria baik hati yang punya kisah sedih dengan keluarganya.



Simak Video "Tentang Macaulay Culkin yang Berulang Tahun Ke-40"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)