Perjalanan Jill Biden, dari Guru Bahasa Inggris Jadi First Lady AS

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 08 Nov 2020 17:00 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - FEBRUARY 21: Dr. Jill Biden (L) and her husband, Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden, arrive at a community event at Hyde Park Middle School on February 21, 2020 in Las Vegas, Nevada. Joe Biden is campaigning one day before the Nevada Democratic presidential caucuses.   Ethan Miller/Getty Images/AFP Foto: Dok. AFP
Jakarta -

Jill Biden akan resmi menemani sang suami, Joe Biden untuk memasuki Gedung Putih pada Januari 2021 nanti. Dengan terpilihnya Joe sebagai Presiden baru Amerika Serikat, secara tidak langsung membuat Jill menjadi calon ibu negara ke-46 Amerika Serikat.

Wanita yang memiliki nama asli Jill Tracy Jacobs itu lahir pada tahun 1951 di New Jersey, Amerika Serikat. Jill Biden sendiri merupakan kakak perempuan tertua dari lima bersaudara. Wanita berusia 69 tahun itu besar di Willow Grace, Pennsylvania.

Ayahnya yang bernama Donald bekerja di bank simpan pinjam, sedangkan sang ibu, Bonny adalah seorang ibu rumah tangga. Sebelum menikah dengan Joe Biden, Jill sudah pernah menikah dengan seorang pemain bola bernama Bill Stevenson. Jill dan Bill kemudian memutuskan untuk bercerai pada tahun 1975.

LAS VEGAS, NEVADA - FEBRUARY 21: Dr. Jill Biden (L) and her husband, Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden, arrive at a community event at Hyde Park Middle School on February 21, 2020 in Las Vegas, Nevada. Joe Biden is campaigning one day before the Nevada Democratic presidential caucuses.   Ethan Miller/Getty Images/AFPJoe dan Jill Biden Foto: Dok. AFP

Perjalanan Jill Bidden

Jill Biden lulus dari Sekolah Menengah Atas Moreland pada tahun 1969. Setelah lulus dirinya lalu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Pennsylvania. Pada Februari 1970, Jill menikah dengan Bill Stevenson. Keduanya lalu memutuskan untuk kembali meneruskan pendidikannya di University of Delaware. Namun belum sempat menyelesaikan kuliahnya, Jill dan Bill memutuskan untuk bercerai.

Pada tahun 1975, Jill bertemu dengan Joe Biden dalam sebuah kencan buta yang telah diatur oleh saudara laki-laki Joe. Saat itu Jill masih kuliah dan Joe adalah seorang senator yang memiliki dua orang anak. Semenjak saat itu hubungan keduanya terus berlanjut. Sampai akhirnya, setelah lima kali mencoba melamar Jill, Joe Biden akhirnya diterima.

Joe dan Jill Biden kemudian memutuskan untuk menikah pada tahun 1981. Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai seorang putri bernama Ashley. Joe dan Jill lalu membesarkan Ashley dan kedua anak dari pernikahan Joe terdahulu di Wilmington, Delaware.

Jill sendiri sebenarnya sempat bekerja sebagai guru bahasa Inggris di sekolah umum setempat setelah dirinya lulus dari Universitas Delaware pada tahun 1975. Selain itu, Jill juga bekerja di rumah sakit jiwa. Jill kemudian memperoleh dua gelar master, pertama dari West Chester University pada tahun 1981 dan kedua dari Villanova University pada 1987.

Selama 15 tahun Jill mengajar English Composition di Delaware Technical and Community College. Lalu pada 2006 dirinya kembali mengenyam pendidikan untuk meraih gelar doktor di University of Delaware. Gelar doktor itu pun diraih Jill pada tahun 2007.

Saat ini, setelah suaminya terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, Jill Biden berencana akan melakukan dua pekerjaan sekaligus, yaitu menjadi Ibu Negara dan profesor bahasa Inggris.

(vio/vio)