Sinopsis Film Bumi Manusia, Kisah Cinta Minke dan Annelies di Zaman Kolonial

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 18 Agu 2020 14:15 WIB
Bumi Manusia Sinopsis film Bumi Manusia. Foto: Bumi Manusia (dok.Falcon Pictures)
Jakarta -

Sinopsis film Bumi Manusia ini bercerita tentang seorang pribumi yang jatuh cinta kepada gadis keturunan Belanda. Kisah cinta mereka pun tak berjalan mulus dengan beberapa rintangan yang datang menerpa.

Bumi Manusia merupakan film yang diadaptasi dari novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buku karya Pram yang pertama kali diterbitkan oleh Hasta Mitra di tahun 1980. Pram menuliskan karya sastra ini saat diasingkan di Pulau Buru bersama dengan ribuan tahanan politik lain karena disebut sebagai komunis.

Film ini sudah dirilis pada 15 Agustus 2019 lalu. Bumi Manusia diperankan oleh para bintang kenamaan seperti Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Ine Febriyanti, Jerome Kurnia hingga Bryan Domani.

Berikut sinopsis film Bumi Manusia arahan sutradara Hanung Bramantyo yang berkolaborasi dengan penulis naskah Salman Aristo:

Film Bumi Manusia menceritakan tentang sosok Minke (Iqbaal Ramadhan), ia adalah seorang pribumi Jawa toktok yang bersekolah di HBS. Padahal di masa itu, yang bisa masuk sekolah HBS hanyalah orang-orang keturunan Eropa.

Foto cuplikan film 'Bumi Manusia'.Foto cuplikan film 'Bumi Manusia'. Foto: Dok. Falcon Pictures

Namun Minke mendapatkan privilege tersebut karena ia merupakan bangsawan pribumi yang pandai. Melihat kondisi di sekitarnya, Minke pun gelisah melihat nasib pribumi lain yang tertindas. Ia pun mencoba untuk memperjuangkan nasib pribumi melalui tulisan.

Sosok Minke ini disebut Pramoedya karena terinspirasi dari Tirto Adhi Soerjo, pendiri surat kabar berbahasa Melayu pertama di Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pers Nasional.

Berlatar di Surabaya, latar filmnya dibuat seperti zaman pendudukan Hindia Belanda sekitar tahun 1898. Pada suatu hari, Minke bertemu dengan Annelies (Mawar Eva de Jongh). Annelies adalah anak dari Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) dengan tuannya Herman Mellema (Peter Sterk), pemilik perusahaan Boerderij Buitenzorg. Minke dan Annelies jatuh cinta.

Pada masa itu Nyai dianggap sebagai perempuan yang tidak memiliki norma kesusilaan karena statusnya sebagai istri simpanan. Sadar dengan statusnya, Nyai Ontosoroh pun berusaha keras untuk belajar agar bisa diakui sebagai manusia.

Cuplikan adegan film 'Bumi Manusia'.Cuplikan adegan film 'Bumi Manusia'. Foto: Dok. Falcon Pictures

Hubungan Minke dan Annelies pun mendapat penolakan dari berbagai pihak. Terutama ayah Minke yang baru saja diangkat sebagai Bupati. Polemik tentang hubungan keduanya pun muncul lagi ketika kebahagiaan Minke dan Annelies direnggut oleh hukum bangsa kolonial.

Cerita film Bumi Manusia menjadi rumit karena berbedanya latar belakang antara Minke dan Annelies. Tak hanya sinopsis film Bumi Manusia yang menarik, ternyata alur filmnya juga cukup baik. Tidak hanya bercerita tentang cinta tapi juga persoalan ketimpangan kelas, rasisme hingga feodalisme.





Simak Video "Masya Allah, Salon Ini Tawarkan Cukur Gratis bagi Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)