Sarah Al Amiri, Sosok Wanita Muda di Balik Misi Uni Emirat Arab ke Mars

Puti Yasmin - wolipop Jumat, 17 Jul 2020 07:45 WIB
Sarah Al Amiri Foto: Instagram @sarahamiri1/Sarah Al Amiri, Sosok Wanita Muda di Balik Misi Uni Emirat Arab ke Mars
Jakarta -

Uni Emirat Arab (UEA) berencana meluncurkan misi pergi ke Mars untuk mempelajari iklim di sana. Misi besar ini ternyata dipimpin oleh wanita muda bernama Sarah Al Amiri.

Sarah didapuk menjadi Deputy Project Manager dalam misi yang rencananya lepas landas di pulau Tanegashima di Jepang pada tanggal 15 Juli kemarin. Proyek bernama 'Amal' ini diperkirakan akan memakan waktu selama 7 bulan sebelum mencapai Mars.

Sarah Al AmiriSarah Al Amiri Foto: Instagram @sarahamiri1

Sarah Al Amiri sendiri lahir pada tahun 1987. Artinya, saat ini ia masih berusia 33 tahun dan telah dipercaya menjadi pemimpin dalam proyek besar milik pemerintah UEA ini.

Dikutip dari Linkedin, wanita bernama lengkap Sarah binti Yousif Al Amiri merupakan Menteri Ilmu Pengetahuan di UEA. Ia menjabat sejak Oktober 2017 hingga saat ini.

Sebelumnya, ia aktif sebagai kepala riset dan pengembangan di Mohamed bin Rashid Space Center atau organisasi milik pemerintah UEA yang fokus pada program luar angkasa, seperti satelit. Ia bekerja selama 11 tahun 5 bulan hingga akhirnya menjadi menteri.

Pemilik akun Instagram @sarahamiri1 ini menempuh pendidikan di American University of Sharjah untuk program S1 Teknik Komputer pada tahun 2004 hingga 2008. Kemudian di tahun 2010 Sarah Al Amiri melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas dan jurusan yang sama dan lulus di tahun 2014.

Sarah Al AmiriSarah Al Amiri Foto: Instagram @sarahamiri1

Sementara itu, menurut Sarah tujuan proyek Amal ini dilakukan untuk memahami sejarah dan penyebab planet Mars tidak memiliki air padahal memiliki karakteristik yang sama dengan bumi.

"Kami sedang mempelajari sebuah planet yang terlihat sangat mirip dengan planet kita, tetapi mengalami beberapa bentuk perubahan sehingga tidak dapat lagi memiliki air, salah satu unsur utama kehidupan," jelas Sarah Al Amiri dalam konferensi pers baru-baru ini.



Simak Video "Tips & Trick Menggunakan Eyeshadow bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)