Ratu Kecantikan Dikecam Usai Komentari Aksi Protes Kematian George Floyd

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 02 Jun 2020 17:40 WIB
samantha katie Samantha Katie. Foto: Instagram
Jakarta -

Kematian George Floyd, seorang pria Afrika-Amerika yang meninggal setelah polisi mencekik lehernya menimbulkan protes dan kerusuhan. Insiden ini dianggap sebagai bukti kasus kebrutalan polisi terhadap ras kulit hitam yang kini memicu aksi protes di berbagai wilayah Amerika Serikat.

Namun, protes di AS bukan satu-satunya aksi yang dilakukan oleh masyarakat. Banyak orang di seluruh dunia menggunakan media sosial untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap gerakan #BlackLivesMatter, sebuah gerakan untuk menentang kekerasan maupun rasisme terhadap orang kulit hitam. Tapi, mantan Miss Universe Malaysia ini dikritik setelah dia memposting serangkaian komentar ofensif tentang protes Black Lives Matter yang terjadi di AS.



Samantha Katie James berbagi beberapa cerita di Instagram, mengomentari orang Afrika-Amerika yang telah berdemonstrasi menentang kebrutalan dan rasisme polisi di AS selama enam hari berturut-turut. Samantha mengungkapkan kepada 160 ribu lebih pengikutnya bahwa protes itu bukti bahwa orang kulit putih telah menang, dan menyebut pemrotes yang marah tentang pembunuhan George Floyd adalah manusia bodoh.

"Saya tidak tinggal di Amerika dan itu tidak ada hubungannya dengan saya, tetapi bagi saya, sepertinya 'kulit putih' menang," tulis Samantha seperti dilansir Independent.

"Jika kamu marah, kamu merespons dengan amarah dan kesedihan itu berarti mereka memiliki kuasa atas dirimu," imbuhnya.

samantha katieSamantha Katie Foto: Instagram



Miss Universe Malaysia 2017 ini melanjutkan agar orang-orang berkulit hitam tenang. Samantha juga meminta mereka menganggap insiden ini sebagai tantangan dan membuatnya lebih kuat.

"Terima apa adanya, sampai sekarang kelaparan dan kemiskinan masih ada. Itu adalah apa adanya. Itu tidak bisa dihindari. Yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang, lindungi hati, jangan biarkan hancur. Itu tanggung jawabmu," terang Samantha.



Pernyataan ratu kecantikan berusia 25 tahun ini disambut dengan amarah dari banyak netizen. Tak sedikit dari mereka mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Samantha itu sangat menyakiti.

"Meskipun kamu bermaksud baik, kamu telah membuat beberapa kesalahan besar yang tidak sopan dan sangat menyakitkan. Orang Afrika Afrika-Amerika belum diperlakukan dengan setara selama hampir 400 tahun," kritik netizen.



Simak Video "Dikritik Netizen Soal Pakaian, Ini Kata Tim Indonesia di WSDC 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)