7 Langkah Makan Es Krim Supaya Rasanya Lebih Nikmat, Terbukti Secara Ilmiah

Hestianingsih - wolipop Rabu, 27 Mei 2020 08:30 WIB
Ilustrasi es krim. Ilustrasi makan es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Beornbjorn
Jakarta -

Siapa tidak suka makan es krim? Hidangan pencuci mulut ini disukai hampir semua orang dan punya banyak rasa serta jenisnya.

Namun tak banyak yang tahu, menikmati es krim ternyata ada formulanya. Dr Sarah Kemp, ilmuwan di bidang sensorik atau panca indra, mengungkapkan cara terbaik makan es krim agar mendapatkan kenikmatan maksimal.

"Rasa sangatlah penting dan mendapatkannya secara maksimal di dalam mulut harus menjadi prioritas, khususnya ketika makan es krim. Namun, lebih seringnya, orang tidak sadar bagaimana memaksimalkan sensasi rasa ketika makan semua jenis makanan," jelasnya.

Young woman in yellow sweater and sunglasses eating ice cream on the blue water backgroundIlustrasi makan es krim. Foto: iStock


Bekerja sama dengan brand es krim Oppo Brrothers, Dr Sarah menemukan formula yang telah terbukti akan meningkatkan rasa nikmat es krim, ketika disantap. Formula itu adalah (i@-14°C + ½S + UDS + 12s) x 2 = MF*. Apa maksudnya?

Dr Sarah menerjemahkannya ke dalam tujuh langkah makan es krim yang perlu diikuti supaya rasanya lebih nikmat seperti dikutip dari Mirror.

1. Jangan langsung makan es krim dalam keadaan beku. Menurut eksperimen Dr Sarah, es krim harus dibiarkan terlebih dahulu selama 15 menit setelah dikeluarkan dari freezer, sampai mencapai suhu -14 derajat Celsius.

Pada suhu tersebut tekstur es krim akan lebih lembut sehingga kamu tak perlu bersusah payah menyendoknya. Ketika sudah lembut dan tidak keras lagi, es krim akan mengeluarkan molekul-molekul aroma yang membuat citarasanya lebih enak.

2. Makan es krim menggunakan sendok teh. Sendoklah sebagian kecil es krim dari wadahnya, sekitar setengah bagian dari sendok teh.

Ilustrasi es krim.Ilustrasi es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Beornbjorn


3. Suapkan es krim ke mulut dengan posisi sendok terbalik, sehingga bagian cekung yang berisi es krim langsung menyentuh lidah.

"Ketika makan es krim, balikkan sendok ketika memasukkannya ke mulut untuk memastikan es krim langsung menyentuh indra pengecap sehingga efek rasanya jadi lebih kuat," kata Dr Sarah.

Ilustrasi es krim.Ilustrasi es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Beornbjorn


4. Gerakkan es krim dengan lidah ke seluruh bagian mulut. Teknik ini akan membuat kamu lebih merasakan sensasi dingin dan tekstur yang creamy dari es krim.

5. Ambil napas dari mulut sehingga es krim bisa mencapai seluruh reseptor di lidah dan hidung.

Ilustrasi wanita makan es krim.Ilustrasi wanita makan es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/nicoletaionescu


6. Kulum es krim di dalam mulut sekitar 12 detik untuk mendapatkan kenikmatan maksimal dari rasanya.

7. Ulangi cara yang sama pada sendokan-sendokan es krim selanjutnya sampai habis.



Simak Video "Iklan Es Krim Ella Gross Dikecam Netizen Korea, Sang Ibu Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)