Sejarah Hari Ibu Sedunia dan Tujuan Peringatannya di Dunia

Puti Yasmin - wolipop Minggu, 10 Mei 2020 16:03 WIB
ucapan hari ibu Ilustrasi Hari Ibu/Foto: istock
Jakarta -

Hari Ibu Sedunia atau internasional tepat diperingati pada hari ini, Minggu (10/5/2020). Peringatan ini dilaksanakan pada Minggu kedua bulan Mei atau berbeda-beda setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Saat itu, banyak orang akan merayakan dengan memberikan ucapan selamat Hari Ibu atau hadiah kepada sang Ibu.

Walaupun begitu, jasa seorang ibu tidak akan pernah bisa terbayarkan. Sebab, ibu mengandung selama 9 bulan dan merawat anak dan keluarga tanpa lelah.

Ilustrasi Hari IbuIlustrasi Hari Ibu Foto: Dok. iStock

Lantas, seperti apa sejarah Hari Ibu Sedunia sebenarnya?

Dikutip dari Indian Express, perayaan Hari Ibu Internasional pertama kali dilakukan di Amerika Serikat. Hal itu diinisiasi oleh wanita bernama Anna Jarvis yang menyampaikan keinginan sang Ibu untuk diadakannya Hari Ibu.

Namun belum sempat terlaksana, sang Ibunda pergi untuk selama-lamanya. Jarvis pun mengadakan acara mengenang sang Ibu pada tahun 1908 atau tiga tahun setelah kematian ibunya di Gereja Methodist St Andrew, Virginia Barat, Amerika Serikat.

Dalam kesempatan itu, ia menyoroti betapa penting bagi semua orang untuk merayakan Hari Ibu. Dalam waktu satu hari itu, kita bisa berterima kasih atas segala hal yang telah dilakukan serta berterima kasih.

Maka dari itu, peringatan Hari Ibu dilakukan untuk mengingat semua jasa yang telah dilakukan seorang ibu kepada anak maupun keluarganya.

Sementara itu, sejarah singkat Hari Ibu di Indonesia ditetapkan dalam
Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1956. Tanggal 22 Desember pun dipilih karena bertepatan dengan kongres perempuan pertama.

Ilustrasi Hari IbuIlustrasi Hari Ibu Foto: iStock

Kumpulan Ucapan Hari Ibu:

1. Terima kasih atas semua yang telah engkau berikan kepadaku. Aku tahu tak ada yang bisa membalas jasamu. Terima kasih Ibu.

2. Tak ada hal secantik maupun setangguh dirimu. Selamat hari Ibu.

3. Aku berterima kasi kepada setiap yang engkau telah ajarkan kepadaku. Aku bersyukur bisa bertemu denganmu dan memanggilmu 'Ibu'. Aku sayang kamu, Ibu.

4. Seumur hidupku, cinta tulus yang pernah kurasakan hanya dari dirimu. Bagiku, engkau segala-galanya untukku. Tidak ada yang bisa membalas jasamu, Ibu.

5. Ke mana pun aku berjalan, aku akan selalu kembali kepadamu Ibu. Engkau merupakan tempatku untuk pulang. Selamat Hari Ibu

6. Engkau sosok wanita hebat yang mampu mencintai penuh dengan rasa perjuangan. Aku tahu kamu satu-satunya yang mencintai tanpa syarat. Aku cinta padamu.

7. Kau adalah surgaku. Tiada tempat di dunia yang lebih nyaman dibanding pelukanmu. Selamat hari Ibu.

Selamat Hari Ibu!



Simak Video "Kisah di Balik Perayaan Hari Ibu Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)