Ferdian Paleka & Deretan Prank YouTuber Indonesia yang Dihujat Netizen

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 04 Mei 2020 16:04 WIB
Ankara, Turkey - October 11, 2011:  Close up view of the YouTube home screen.The iPad is produced by Apple Computer, Inc. Ilustrasi prank YouTuber (Foto: iStock)
Jakarta -

YouTuber Indonesia berulah dengan melakukan aksi prank tak terpuji demi kebutuhan konten. Mirisnya, ini bukan kali pertama kejadian serupa dilakukan oleh YouTuber lokal.

Setiap orang punya kebebasan untuk mengekspresikan diri, tanpa terkecuali lewat media seperti YouTube. Namun, sejumlah YouTuber Indonesia malah memanfaatkannya dengan membuat konten prank yang justru merugikan orang lain.

Seakan sudah kehabisan ide atau tidak punya prestasi positif untuk dibagi kepada khalayak, para YouTubers ini tega melakukannya. Konten mereka pun berujung kontroversi. Seperti apa aksi prank yang mereka lakukan?

1. Bagi 'Sembako' Berisi Batubata dan Sampah

Aksi prank teranyar yang menuai kontroversi adalah bagi-bagi sembako oleh YouTuber Bandung bernama Ferdian Paleka. Di video yang berjudul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL', tampak Ferdian dan dua pria rekannya menggunakan satu unit mobil mengangkut sejumlah dus mi.

"Jadi gini kita mau mensurvei dulu bencong-bencong. Bulan puasa gini, mereka tuh ada nggak," ucap salah satu pemuda berbaju putih dalam video tersebut. Ada momen saat Ferdian dan temannya itu memasukkan sampah terbungkus plastik dari tong ke dalam dus. "Kita mau membagikan sembako, bahan pangan. Isinya batu bata," ucap pemuda lainnya yang terlihat menggunakan jaket.

"Nanti lihat saja ya ketika kita masukin batu-batu, sampah-sampah ke sini. Jadi kalau ada bencong kita kasih, kalau enggak ada berarti kota ini aman akan waria," kata pria berbaju putih itu membalas. Mereka lalu berkeliling pada malam hari untuk waria yang mangkal di tepi jalanan Kota Bandung. Tak cuma waria, sejumlah anak kecil juga menjadi korbannya.

Aksi di video yang sudah dihapus tersebut lantas menuai hujatan di media sosial. Banyak yang menyayangkan karena kejadian itu terjadi saat Indonesia sedang berduka karena pandemi COVID-19 dan berbarengan dengan bulan puasa. Seorang korban sudah melaporkannya ke polisi. Ia mengaku peristiwa itu terjadi Jumat (1/5/2020) dini hari, sekitar pukul 01.30. Dua pelaku sudah diamankan polisi, sementara Ferdian Paleka masih dalam pencarian.




2. Batalkan Puasa Demi Rp 10 Juta

Maksud ingin menguji iman seseorang, YouTuber Indonesa bernama kanal YouTube hasanjr11 malah jadi bulan-bulanan.

Dalam sebuah video, si YouTuber menghampiri beberapa orang sambil membawa sekotak pizza dan sebuah koper berisi uang tunai bernilai Rp 10 juta. Ia lalu menawarkan sepotong pizza kepada targetnya Bagi siapapun yang tertarik menyantap pizza ini, Hasan akan langsung memberikan uang tunai yang ada dalam tasnya.

Video tersebut memperlihatkan Hasan bertemu banyak orang, mulai dari petani, tukang sapu, anak-anak dan penjaga kolam renang. Beruntung, iman mereka tak goyah meski digoda uang dan pizza si YouTuber.

Mungkin ingin menunjukkan kekuatan iman target, unggahan tersebut meninggalkan kesan buruk bagi banyak. "Konten gak bermutu, maksudnya apa bikin orang batal puasa cuma gara-gara 10 juta? Nyari tenar tapi bikin dosa juga," kata netizen. "Inilah setan dalam bentuk manusia. Katanya bulan Ramadhan setan dikurung tapi ini setan yang ada di diri manusia tetap aja ada," cibir netizen lainnya.

Dihujani hujatan, si YouTuber lalu meminta maaf atas perbuatannya.


3. Prank Ojol, Pesan Makanan Hingga Jutaan Rupiah Lalu Dibatalkan

YouTuber hasanjr11 ternyata sudah pernah berulah sebelumnya. Ia melakukan prank kepada seorang ojek online dengan mengorder pizza 1 juta Rupiah. Bahkan dalam deskripsi tersebut disebutkan juga kalau si ojol menangis karena pesanan yang tiba-tiba dibatalkan.

Mirisnya, konten yang telah disaksikan jutaan kali itu, mendapat ratusan ribuan likes dari para penonton. Walau begitu tak sedikit pula yang menghujat aksi si YouTuber. Sayangnya, aksi dia menjadi tren dan diikuti oleh YouTuber lain. Tak terbayang berapa banyak ojol yang dirugikan atas aksi mereka.

4. Prank Cewe Matre

Atta Halilintar pun tak luput dari kontroversi. Ia diduga melakukan prank palsu demi menghibur subscriber-nya yang mencapai puluhan juta.

Dalam video yang berjudul "PRANK CEWE MATRE Settingan! ENJOY! Miskin Setia kah dia? SAVAGE! (Gold Digger Prank Indonesia)", ia melakukan penyamaran dan berkunjung ke kafe dengan mengendarai motor. Di kafe itu, ia menghampiri seorang perempuan di kafe dan memintanya untuk membayarkan makanannya. Mungkin karena merasa nggak nyaman, sang perempuan pun akhirnya memanggil petugas kafe untuk mengusir Atta.

Lalu datang rekan Atta yang menyamar sebagai pemilik kafe yang menggunakan mobil mewah. Wanita tersebut meladeni pria tersebut dengan baik. Di penghujung video terungkap bahwa Atta adalah majikan si pemilik kafe.

Banyak yang menyebut prank tersebut setting-an alias palsu atau dibuat-buat. Sang wanita diduga termasuk sebagai salah satu 'aktor' di prank itu. YouTuber Brandon Kent pun mengkritik prank cewek matre Atta Halilintar ini.

''Kasihan coy ama YouTube-YouTube creator atau prank creator yang lain yang udah bikin prank susah payah ampe ngerendahin harga diri dan malu-maluan dan viewers-nya kecil, kalah sama video kayak gini gitu lho,'' katanya.



Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)