Mengenal Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un yang Misterius

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 27 Apr 2020 19:30 WIB
a Ri Sol Ju, istri Kim Jong Un. Foto: istimewa
Jakarta -

Sosok Ri Sol Ju, istri diktator Korea Utara Kim Jong Un merupakan salah satu bagian dari kehidupan Kim yang tersembunyi. Ri Sol Ju pun dikenal sama misteriusnya dengan sang suami.

Penampilan Ri Sol Ju mulai terungkap pada 2012 setelah ia terlihat berdiri di dekat Kim Jong Un pada berbagai acara publik. Ri Sol Ju bahkan kala itu sempat dikira sebagai salah satu penyanyi dalam orkestra Korea Utara, Pochonbo Electronic Ensemble, sebelum akhirnya media resmi mengumumkan bahwa ia adalah istri pimpinan tertinggi, Kim Jong Un.

Kini banyak informasi terkait istri Kim Jong Un yang misterius, termasuk dari mana ia berasal dan seperti apa kepribadiannya. Berikut fakta-fakta tentang Ri Sol Ju.

1. Penampilan Resmi Ri Sol Ju di Pemakaman Kim Jong Il

Ri Sol Ju, istri Kim Jong UnRi Sol Ju, istri Kim Jong Un Foto: Dok. EastNews

Meskipun tak ada detail tentang wanita Ri Sol Ju yang misterius sampai tahun berikutnya, penampilan pertama Ri Sol Ju di acara resmi adalah pada 2011 ketika ia menghadiri pemakaman untuk Kim Jong Il. Kehadirannya yang tiba-tiba itu menyebabkan spekulasi tentang identitasnya. Beberapa mengira Ri Sol Ju adalah salah satu saudara Kim Jong Un atau kerabat lainnya.

2. Identitas Ri Sol Ju Dirahasiakan Sampai 2012

Ri Sol ju dan Kim Jong UnRi Sol ju dan Kim Jong Un Foto: istimewa

Ri masih cukup baru di keluarga Kim dan kekaisaran. Meskipun ada spekulasi bahwa Kim memiliki seorang istri, itu tidak diungkapkan oleh media Korea Utara sampai 2012. Menurut Business Insider, media dengan acuh menyatakan dalam sebuah siaran bahwa Kim telah menghadiri pembukaan taman hiburan bersama istrinya, Ri Sol Ju.

3. Tak Ada yang Tahu Kapan Ri Sol Ju dan Kim Jong Un Menikah

Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (REUTERS TV  THIRD PARTY)Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (REUTERS TV THIRD PARTY) Foto: Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (REUTERS TV THIRD PARTY)

Meskipun sosok Ri Sol Ju terungkap di publik sebagai istri Kim Jong Un pada 2012, tak ada yang bisa memastikan kapan keduanya melangsungkan pernikahan. Beberapa media melaporkan pasangan tersebut menikah pada 2009. Sementara itu, yang lain mengatakan mereka bertemu di sebuah konser musik klasik pada 2010. Kim Jong Un tak pernah mengungkapkan tanggal pernikahannya, dan tak ada detail tentang pernikahan tersebut.

4. Dipertemukan oleh Kim Jong Un Saat Ri Sol Ju Masih Remaja

Ri Sol Ju, istri Kim Jong UnRi Sol Ju, istri Kim Jong Un Foto: Dok. EastNews

Rumor mengatakan bahwa Ri lahir pada 28 September 1989. Keduanya bertemu pada 2009, itu berarti Ri masih remaja ketika diperkenalkan dengan Kim Jong Un. Menurut beberapa laporan, pernikahan Kim dengan Ri diatur oleh ayahnya, jadi mereka kemungkinan besar tidak berkencan lama.

5. Ri Sol Ju punya 3 Anak dari Pernikahannya dengan Kim Jong Un

Ri Sol JuRi Sol Ju Foto: Getty Images/Pool

Publik percaya bahwa kini Ri Sol Ju telah menjadi ibu dari tiga orang anak. Sangat sedikit yang diketahui tentang anak-anak keluarga Kim, tetapi diyakini pasangan ini memiliki tiga anak. Mantan pemain NBA Dennis Rodman mengungkapkan bahwa Kim Jong Un memiliki dua anak pada 2017. Ri Sol Ju pun kemudian jarang terlihat di publik, dan membuat banyak orang percaya bahwa ia mengandung anak ketiga.

6. Orangtua Ri Sol Ju dari Kalangan Elite dan Berpendidikan

Ri Sol JuRi Sol Ju Foto: Getty Images/Pool

Ri Sol Ju dibesarkan di keluarga elit. Menurut Business Insider, ayahnya adalah seorang profesor dan ibunya adalah seorang dokter. Kemungkinan ayahnya juga berada di Angkatan Udara Korea Utara. Tapi, tidak diketahui seperti apa kehidupan rumah Ri Sol Ju dan apakah ia memiliki saudara kandung atau tidak.

7. Ri Sol Ju Merupakan Penyanyi dan Cheerleader

Ri Sol JuRi Sol Ju Foto: istimewa

Ri sangat menyukai musik ketika dia masih muda, dan diyakini bahwa dia pernah belajar menyanyi di China. Pada 2010, Ri Sol Ju adalah anggota orkestra Orhasu Unhasu Korea Utara. Tak hanya itu, ia juga menyukai menjadi pemandu sorak atau cheerleader. Pada 2005, Ri Sol Ju menghadiri Kejuaraan Atletik Asia di Korea Selatan sebagai salah satu cheerleader Korea Utara.

8. Fashion Ri Sol Ju Dikagumi

Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters) Foto: Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju (Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)

Pada 2018, Kim Jong Un dan Ri Sol Ju melakukan perjalanan dinas ke China, dan Ri difoto beberapa kali. Pengguna media sosial di China dengan cepat mengagumi gaya pakaiannya yang modis dan bahkan membandingkannya dengan beberapa selebriti Korea

9. Ri Sol Ju Terlihat Menggunakan Tas Mahal

Ri Sol JuRi Sol Ju Foto: AFP/KNS

Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup akan budaya luar dan menerapkan aturan ketat pada penduduknya. Ada banyak hal berbau asing yang dilarang di negeri tersebut, salah satunya adalah memakai produk fashion import.

Namun Ri Sol-Ju dengan berani memberontak dan mendobrak aturan yang diterapkan sang suami. Hal itu terbukti dari potret penampilannya saat berada di publik. Ri tampil dengan rambut pendek, sementara istri para presiden Korut sebelumnya berambut panjang. Dia juga memakai brand luar negeri seperti Chanel dan Dior yaitu untuk tas dan bros.

10. Ri Sol Ju Dikritik karena Pakai Barang Mahal

Ri Sol Ju, istri Kim Jong UnRi Sol Ju, istri Kim Jong Un Foto: Dok. EastNews

Gaya hidup mewah Ri Sol Ju yang suka belanja barang mahal ini dikritik karena begitu banyak orang Korea Utara yang kelaparan dan sangat miskin. Tetapi, keluarga Kim Jong Un hidup dalam kemewahan sementara jutaan rakyat Korea Utara kelaparan. Membeli tas mahal hanya menambah ketidakpedulian keluarga Kim atas penderitaan rakyat mereka sendiri.



Simak Video "Kriteria Jadi Bodyguard Kim Jong-Un "
[Gambas:Video 20detik]
(agm/agm)