Sudah Diteliti, 2 Cara Makan Burger yang Benar Supaya Nggak Belepotan

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Apr 2020 18:00 WIB
Ilustrasi wanita makan burger berantakan. Ilustrasi wanita makan burger. Foto: Getty Images/iStockphoto/nicoletaionescu
Jakarta -

Burger jadi makanan favorit banyak orang di berbagai dunia. Tapi menikmati burger kadang jadi tantangan tersendiri.

Sering kali isi dari burger berantakan atau mencuat keluar di sisi belakang ketika kamu menggigitnya dari sisi depan. Tak jarang juga tangan dan mulut jadi belepotan jika kamu makan burger dengan isian tebal dan banyak lapisannya.

Usut punya usut, ternyata beberapa pakar mengatakan bahwa cara kita makan burger selama ini keliru. Sejumlah ilmuan pun melakukan penelitian dan menemukan beberapa cara agar kamu bisa menikmati burger tanpa harus mengalami drama saus yang belepotan atau isinya berantakan kemana-mana.


Sedikitnya ada dua cara makan burger yang bisa kamu coba sendiri untuk membuktikannya. Seperti apa?

Cara Pertama

Pada 2014, tiga peneliti di bidang mekanisme cairan, mesin dan spesialis gigi, muncul dalam siaran televisi Jepang 'Honma Dekka!?' untuk membeberkan metode terbaik secara ilmiah bagaimana memegang dan makan burger tanpa merusak lapisan awal. Seperti dikutip dari Wonder How To, mereka telah melakukan penelitian dan percobaan menggunakan gambar tiga dimensi selama empat bulan, untuk mencari tahu.

Simulasi tiga dimensi menunjukkan bahwa kebanyakan orang memegang burger dengan dua jempol di bawah, sementara jari tangan lainnya di atas roti burger. Menurut ketiga ilmuwan tersebut, cara ini justru menekan semua isian dalam burger, hingga mencuat dari sisi samping.

Cara makan burger yang benar menurut ilmuwan agar tidak belepotan.Cara makan burger yang benar menurut ilmuwan agar tidak belepotan. Foto: istimewa


Mereka pun menyarankan agar mengubah posisi tangan untuk menghindari hal tersebut. Berdasarkan penelitian, cara terbaik memegang burger adalah menempatkan dua jempol dan dua jari kelingking di sisi bawah, sementara enam jari lainnya di bagian atas burger.

Posisi jari seperti mencengkeram ini dinilai efektif karena dua jari kelingking akan menahan bagian belakang burger. Sementara ibu jari menahan sisi depan sehingga isian burger tidak mudah keluar.


Cara Kedua

Ilustrasi hamburger.Ilustrasi hamburger. Foto: Getty Images/tiburonstudios


Alternatif cara kedua ini dibagikan para pakar kuliner, khususnya di bidang burger. Seperti dilansir Insider, cara terbaik dan benar untuk menyantap burger tanpa berantakan adalah membalik posisinya. Bagian atas jadi di bawah, dan bawah jadi di atas.

Alasannya karena roti atau bun bagian atas biasanya lebih tebal daripada sisi bawah. Sementara isian atau topping yang berlapis seperti patty, selada, tomat dan saus akan memberi tekanan pada bagian roti bawah yang lebih tipis, sehingga menjadi lembek dan basah. Di sinilah awal masalah yang membuat burger jadi berantakan saat disantap.

Burger King meluncurkan hamburger terbalik untuk perilisan Stranger Things musim ketiga.Burger King meluncurkan hamburger terbalik untuk perilisan Stranger Things musim ketiga. Foto: Dok. Burger King USA


"Bagian crown (sisi atas roti) umumnya lebih tebal (karenanya lebih kuat) daripada bagian bawah, jadi agar mendapat pengalaman bersantap burger yang lebih baik, kamu harus membaliknya saat makan," kata Simon Dukes, pendiri blog Burger Lad.

Dia melanjutkan, "Bagian crown akan menahan beban dari semua isian burger, jadi risiko isiannya berjatuhan lebih kecil. Penikmat burger sejati harus selalu makan burger-nya dengan cara terbalik."



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)