Gaya Rambut Bouffant 'Trapesium' Kim Jong Un yang Nyentrik dan Ikonik

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Apr 2020 13:15 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Rusia dengan kereta api khusus. Dalam kunjungan itu Kim Jong Un akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Gaya rambut Kim Jong Un yang nyentrik dan ikonik. Foto: Reuters
Jakarta -

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un punya potongan rambut yang khas. Sejak menjadi pimpinan tertinggi negara komunis tersebut pada 2011, pria yang diisukan telah meninggal dunia ini memang kerap tampil dengan gaya rambut nyentrik.

Model rambut mini bouffant Kim Jong Un selalu tersisir rapi ke belakang dengan polesan gel. Bagian samping dan belakang dipangkas lebih tipis, sehingga rambut tebal hanya ada di bagian tengah.

Gaya rambut ikonik ini dikatakan terinspirasi dari kakeknya Kim Il Sung. Seperti dikutip dari GQ, Kim Jong Un sangat mengagumi sosok pendiri Korea Utara itu.

Kim Jong-un: Mengapa sampai muncul spekulasi pemimpin Korea Utara ini sakit keras?Gaya rambut ikonik Kim Jong Un. Foto: BBC World


Dengan memiliki gaya rambut mirip sang kakek, dia berharap bisa meraih kekuasaan dan disegani seperti Kim Il Sung. Lalu pada 2015, seorang sumber di Pyongyang mengungkapkan kalau para pria di Korea Utara diperintahkan memotong rambutnya seperti Kim Jong Un.

Seperti dikutip Business Insider dari Cholsun Ilbo, pihak berwenang melarang pria memanjangkan rambutnya lebih dari 2 cm. Mereka hanya diizinkan memiliki gaya rambut sesuai yang telah ditentukan.

Namun berdasarkan pengalaman seorang reporter saat berkunjung ke salah satu barber shop di Korea Utara, gaya rambut a la Kim Jong Un tidak terdapat dalam pilihan foto yang dianjurkan. New York Post melansir bahwa warga Korea Utara bisa memilih 15 gaya rambut yang telah disetujui pimpinan.

Kim Il Sung, pendiri Korea Utara.Kim Il Sung, pendiri Korea Utara yang jadi inspirasi gaya rambut Kim Jong Un. Foto: Getty Images/Three Lions


Berdasarkan foto yang diunggah reporter bernama Mika Makelainen tersebut, dari 15 gaya rambut, tidak ada satu pun yang mirip potongan bouffat berbentuk 'trapesium' seperti Kim Jong Un.

"North Korean men can choose between 15 approved haircut styles. I had the most popular one - and it's not like Kim Jong Un," cuitnya di Twitter.

Kim Jong Un sendiri debut dengan gaya rambut bouffant 'trapesium' pada Februari 2015. Potongan rambut Kim Jong Un kala itu langsung jadi perhatian publik. Beberapa media bahkan membuat penyebutan sendiri untuk menggambarkan gaya rambut Kim Jong Un.

CNN misalnya, menyebutnya sebagai 'power haircut'. Sementara Telegraph dan New York menamainya rambut 'ambisius'.



Simak Video "Penampilan Rambut Baru Maia Estianty yang Terkesan Mewah "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)