Fakta Lee Kyung Young, Aktor Korea yang Di-blacklist Karena Kasus Prostitusi

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 25 Apr 2020 18:30 WIB
Lee Kyung Young. Foto: JTBC
Jakarta -

Lee Kyung Young menjadi pemeran 'bapak-bapak' yang sering ditemui para pecinta drakor. Tak jarang aktor Korea Selatan itu bermain sebagai pengusaha dan tokoh antagonis. Setelah Vagabond dan Hyena, Lee Kyung Young kembali berperan dalam drama populer yakni The World of Married. Kali ini ia pun mendapat hujatan bukan karena perannya tapi masa lalunya yang pernah dipenjara karena berhubungan sekss dengan anak di bawah umur.

Catatan kriminal Lee Kyung Young kembali ramai diperbincangkan seiring popularitas The World of The Married. Aktor yang khas dengan rambut putih dan suara berat tersebut dibicarakan karena pernah terlibat kasus prostitusi. Ia pun dihujat netizen karena masih wara-wiri di televisi. Meski begitu, ternyata pemain film dan drama itu di-blacklist beberapa stasiun televisi. Siapakah sosok Lee Kyung Young?

Lee Kyung Young debut akting pada 1977 setelah menyelesaikan wajib militernya. Pria lulusan jurusan drama itu awalnya tampil di stasiun televisi KBS dan sempat menjadi pengisi suara. Selain televisi, pria 49 tahun ini juga membintangi bahkan menulis dan menyutradarai film layar lebar. Skandal prostitusinya pun terjadi ketika Lee Kyung Young dituduh mengajak aktris 'L' berhubungan seks untuk mendapatkan peran di filmnya selanjutnya.

Lee Kyung Young dalam Drama The World of The Married.Lee Kyung Young dalam Drama The World of The Married. Foto: Instagram @jtbcdrama

Di tahun 2002, aktor itu ditangkap terkait kasus prostitusi anak di bawah umur. Kyung Young pun didakwa karena memanipulasi dan mengeksploitasi seorang aktris di bawah umur untuk berhubungan seks dengannya. Lee Kyung Young dilaporkan mengetahui fakta bahwa gadis tersebut masih remaja sehingga dijatuhi hukuman.

Ketika itu, pengadilan tidak memutuskan Lee Kyung Young bersalah untuk dua dari tiga pertemuan mereka tapi ia ia didakwa atas kasus prostitusi pada pertemuan kedua. Ia pun dipenjara selama 10 bulan dengan masa percobaan dua tahun dan memberikan jasa layanan masyarakat sebanyak 160 jam. Pemain Misty itu juga diminta untuk membayar denda untuk kerugian korban secara psikologi.

Lee Kyung Young dalam Drama The World of The Married.Lee Kyung Young dalam Drama The World of The Married. Foto: Instagram @jtbcdrama

Karena kasus tersebut Lee Kyung Young sempat vakum dari industri hiburan tapi mulai kembali aktif membintangi film dan drama populer pada 2011. Meski tampil di banyak film dan drama, ternyata Kyung Young telah lama di-blacklist beberapa stasiun televisi, salah satunya MBC.

Dilihat dari filmografinya, pemeran Yeo Byeong Kyu dalam The World of The Married memang hanya pernah tampil di stasiun televisi nasional SBS dalam 20 tahun terakhir, misalnya untuk drama Vagabond dan Hyena. Sedangkan The World of The Married, Misty, Misaeng hingga The Bride of Habaek diproduksi stasiun siaran umum seperti JTBC dan tvN.

Meski terlibat skandal, ia juga membintangi banyak film setiap tahunnya yang membuat netizen semakin geram. "Jawab aku. Ini bukan karena Korea tidak punya aktor pria lain seusia Lee Kyung Young. Bahkan ada banyak aktor dengan pengucapan yang dan akting yang lebih baik daripada Lee Kyung Young. Jadi mengapa aku harus terus melihatnya di televisi?" "Lee Kyung Young lagi? Aku tidak mau melihat wajahnya yang tidak tahu malu di televisi lagi. Siapa yang terus memberinya peran?" tulis netizen.



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)