Pergi ke Sauna Saat Harus Isolasi Diri, Pria Ini Ditahan Polisi

Hestianingsih - wolipop Rabu, 15 Apr 2020 13:23 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi Ilustrasi pria dipenjara. Foto: Thinkstock
Seoul -

Imbauan isolasi diri rumah masih digalakkan demi mencegah penyebaran virus Corona. Beberapa negara bahkan mewajibkan mereka yang baru pulang dari daerah berisiko tinggi paparan COVID-19 untuk tetap di rumah saat pulang ke kampung halaman.

Pun begitu, masih ada saja yang bersikeras keluar rumah meskipun berstatus ODP (orang dalam pengawasan). Tindakan tegas terpaksa dilakukan bagi siapa saja yang melanggar aturan.

Seperti yang dialami seorang pria asal Korea Selatan ini. Pria yang hanya diketahui bernama Mr. A ini harus diamankan otoritas setempat karena melanggar perintah isolasi diri.


Tak hanya sekali, tapi dua kali dia tidak mengindahkan peraturan tersebut. Membuatnya terpaksa ditahan dan mendapat sejumlah tuntutan hukum.

Seperti dilaporkan Koreaboo, Mr. A baru saja pulang dari Amerika Serikat dan diwajibkan isolasi diri di rumah, selama 14 hari. Baru dua hari, dia justru berjalan-jalan di area dekat tempat tinggalnya kawasan Songpa-gu, Seoul.

Polisi pun turun tangan dan membawanya kembali pulang ke rumah untuk menjalani isolasi diri. Namun tak lama setelah itu, Mr. A nekat keluar rumah lagi bahkan pergi ke tempat sauna dan restoran.

Diduga melanggar peraturan dan membahayakan lingkungan sekitar, dia akhirnya ditahan di kantor polisi. Ini merupakan kasus penahanan pertama yang melibatkan pelanggar aturan soal larangan keluar rumah bagi ODP.


"Kami mempertimbangkan beberapa faktor misalnya kemungkinan mereka jadi penyebar virus, berapa orang yang melakukan kontak langsung, berapa kali mereka melakukan penerbangan, dan apakah mereka mencoba menutupi kebenaran saat kami mengajukan penahanan," jelas Komisioner Seoul Metropolitan Police Agency.

Mr. A sebenarnya telah menjalani tes dan dinyatakan negatif COVID-19 sepulang dari Amerika Serikat. Namun sesuai peraturan, dia tetap harus isolasi diri di rumah hingga 14 hari untuk memastikan bahwa dia benar-benar sehat dan tidak menjadi carrier virus.

Kepolisian Korea Selatan memang telah menerapkan aturan keras terkait penanganan virus Corona di negaranya. Bagi siapapun yang melanggar perintah isolasi diri bisa dihukum penjara 1 tahun atau denda hingga Rp 125 juta.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)