Raisa Pemotretan Virtual di Tengah Corona, Ini Kisah di Belakang Layarnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 14 Apr 2020 09:32 WIB
Raisa Pemotretan virtual Raisa. Foto: Dok. Instagram @raisa6690, Instagram @michaelcools
Jakarta -

Baru-baru ini penyanyi Raisa melakukan pemotretan secara virtual bersama dengan fotografer Michael Fabian Cools. Hasilnya pun dia unggah ke akun Instagramnya dan menuai banyak pujian.

Pemotretan virtual ini memang beda dari lainnya karena sang fotografer dan modelnya tak bertemy secara langsung. Corona dan aturan social distancing membuat Raisa dan fotografernya, Michael Cools melakukan pemotretan berjauhan dari rumah mereka masing-masing.

"Virtual photoshoot with @michaelcools this afternoon. Tetep #dirumahaja yaa guys!" begitu Raisa menulis di keterangan fotonya di Instagram.



Bagaimana cerita di balik layar pemotretan virtual Raisa ini? Sang fotografer Michael Cools berbagi kisahnya saat dihubungi Wolipop.

RaisaRaisa Foto: Dok. Instagram @raisa6690, Instagram @michaelcools



Michael mengatakan pemotretan virtual ini terjadi karena sebagai fotografer dirinya merasa ruang geraknya untuk bekerja menjadi terbatas. "Dengan adanya virtual photoshoot ini memudahkan si fotografernya untuk melakukan photoshoot tanpa harus ketemu dengan orang yang bersangkutan. Dari stylist mungkin dan lainnya dan bisa dilakukan di manaa saja," katanya kepada Wolipop, Senin (13/4/2020).

Ide untuk melakukan pemotretan secara virtual kata Michael, digagas oleh Raissa dan dirinya. Mereka merasa bosan dan ingin berkarya walaupun sedang #dirumahaja.

[Gambas:Instagram]



"Sebenarnya sebelum adanya pandemi ini dan kita harus di rumah aja, aku sempat ngobrol sama Yaya, yuk kita bikin apa gitu tapi belum jadi-jadi. Akhirnya tiba-tiba kepikiran ide dari Yaya dan aku untuk bikin pemotretan yang sepertinya seru," kata Michael yang menyapa akrab Raisa dengan panggilan Yaya.

Michael Cools pun tak menyangka hasil dari pemotretan virtual yang dilakukannya bersama Raisa mendapatkan reaksi yang positif dari warganet. Sebagian besar netizen memuji hasil karya Michael ini.

Michael Fabian CoolsMichael Fabian Cools Foto: instagram @michaelcools



"Jujur semenjak kemarin itu agak kaget karena antusias dari orang-orang bagus banget dan positif. Aku juga bilang sama Yaya, 'Wah gokil ini padahal iseng banget'. Karena sedang bosan dua-duanya lagi di rumah aja dan jadinya berkarya aja. Namanya fotografer, kangen motret nggak bisa ke mana-mana kayak apa ya? mau ngapain ya? Akhirnya jadi kayak gitu," tutur fotografer fashion itu.

Lalu bagaimana sih cara pengambilan gambar saat pemotretan virtual ini? Michael menjelaskan dia dan Raisa melakukan pemotretan dengan saling terhubung melalui aplikasi video call Zoom.

"Terus aku ada di depan laptop dan yang aku foto itu si laptopnya sendiri dengan kamera aku, jadi bukan di-screen capture. Tekniknya kurang lebih seperti itu," ucap fotografer 34 tahun itu.

Michael yang mengawali karier di dunia fotografi sejak 2006 ini menambahkan untuk pemotretan virtual, selain kamera dan laptop, fotografer dan modelnya juga harus terhubung dengan koneksi internet yang lancar. Koneksi internet dan tambahan properti bisa dibilang kunci utama dari pemotretan virtual ini.

Agar foto tampak beda, Michael mengatakan, fotografer harus memiliki cara tersendiri. "Bagaimana caranya si fotografernya ini menciptakan image yang lebih menarik dan interesting. Nah itu caranya bisa pakai props (properti) dari fotografer, bukan hanya sekadar dari screen capture biasa. Dan menggunakan props itu bagi aku sangat penting," ucap Michael.

Untuk urusan properti foto, Michael mengaku dia menggunakan benda yang ada di rumahnya saja. Misalnya saja kaca, gelas dan benda apapun yang bisa membuat fotonya jadi lebih menarik.

Pemotretan virtual ini diakui Michael memiliki kendala yang tinggi. "Kendalanya tinggi banget karena aku yang biasanya kerja di studio atau lokasi manapun itu kan berinteraksi langsung dengan modelnya, biar lebih gampang mengarahkan posisi dan posenya seperti apa. Nah kalau virtual ini kan hanya terbatas di layar laptop saja. Jadi kayak ekstra komunikasinya dan internet koneksinya harus lancar dan bagus biar gambarnya nggak ngeblur atau nggak berhenti-berenti. Jadi itu yang paling penting," jelasnya.





Simak Video "Suara Raisa Guzel Hipnotis Juri - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)