Rachel Venya Himpun Donasi Cegah Corona, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 1 M

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 17 Mar 2020 15:45 WIB
rachel venya Rachel Vennya kumpulkan donasi lebih dari Rp 1 miliar dalam waktu kurang dari 24 jam. Foto: Dok. Instagram @rachelvennya.
Jakarta -

Influencer Rachel Vennya galang donasi melalui sebuah platform, menggalang dana secara online untuk membantu para petugas medis di Indonesia agar tak tertulas virus Corona. Luar biasanya yang membuat Rachel sampai takjub, tak sampai 24 jam, donasi sudah terkumpul lebih dari Rp 1 miliar.

Rachel Vennya menceritakan awal mula dirinya melakukan penggalangan dana online. Seperti dikutip dari Instagram Story Rachel @rachelvennya, Rachel mengungkapkan kekhawatirannya terhadap penyebaran virus Corona atau COVID-19 yang sudah menelan korban jiwa.

"Aku langsung kepikiran apa yang bisa kita lakuin di tengah situasi ini. Aku ngebayangin pekerja medis dan informal seperti ibu-ibu yang tetap harus bekerja untuk anaknya. Risiko pekerjaan mereka sangat tinggi. Tapi mereka nggak punya pilihan lain selain tetap ngelakuin pekerjaan mereka," tulis Rachel pada Senin (16/3/2020).

Rachel Venya Himpun Donasi Cegah Corona, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 1 MSumbangan awal yang digalang Rachel Vennya. Foto: Dok. Instagram @rachelvennya.


Ibu dua anak merasa terharu terhadap pengorbanan para tenaga medis yang sudah menangani pasien virus corona COVID-19.

"Tapi terharu aja nggak cukup. Sebagai perempuan dan ibu, aku nggak bisa diem aja. Aku pingin bantu mereka sebisaku. Makanya aku buat galang dana ini. Aku mengajak kamu dan kita semua untuk berdonasi membantu melindungi orang-orang di sektor kesehatan dan informal dari COVID-19," tulis Rachel.

Rachel Venya Himpun Donasi Cegah Corona, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 1 MFoto keluarga Rachel Vennya. Foto: Dok. Instagram @rachelvennya.


Rachel pun membuat penggalangan dana tersebut dengan bantuan KitaBisa pada Senin (16/3/2020). Influencer dengan followers Instagram lebih dari 4,3 juta itu menceritakan, dia langsung merasa takjub dengan reaksi netizen tidak lama setelah penggalangan dana dibuat. Hanya dalam waktu kurang dari 30 menit setelah dia umumkan soal donasi tersebut, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 54.546.175 dari 1113 donatur. Dengan cepat donasi terus bertambah hingga mencapai Rp 300 juta. Dan bertapa terkejutnya Rachel melihat perkembangan dana yang ia galang sudah mencapai Rp 1 Miliar dalam kurun waktu kura dari 24 jam.


"Halo temen-temen semua jujur, aku terharu banget sampai aku nggak tahu bisa ngomong apa nggak dengan lancar, aku mau berterimakasih kepada semua temen-temen aku, temen online aku yang sudah bersama-sama berkolaborasi dengan aku, untuk bikin donasi melawan COVID-19. Dan sekarang alhamdulillah sudah lebih dari Rp 1 Miliar kurang dari 24 jam. Wah jujur aku merinding dan nggak nyangka. Aku nggak nyangka akan sebesar ini nominalnya dengan waktu yang sesingkat ini," ungkap Rachel.

Donasi yang sudah terkumpul itu kata Rachel akan digunakan untuk membantu para dokter dan tenaga medis dalam pengadaan alat perlindungan diri yang kini mengalami kekurangan di beberapa rumah sakit rujukan COVID-19. Hasil donasi akan digunakan untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan.

"Aku itu nggak nyangka banget respon temen-temen buat ikut donasi bantu alat perlindungan buat dokter, perawat dan tenaga medis lainnya itu bisa sepositif ini. Sebelum 24 jam sudah terkumpul 1,1 Miliar Masya Allah bersyukur banget. Ini amanah yang besar banget buat aku dan tim Kitabisa.com. Makanya di video ini aku mau update rencana penyaluran donasinya karena ini amanah dari ribuan orang baik di luar sana. Saat ini kita baru menyalurkan bantuan alat pembantuan diri ke 8 rumah sakit. RS Persahabatan, Fatmawati, Pasar Minggu, Sulianti Saroso, Gatot Soebroto, Mintoharjo, Bhayangkara, dan RSUD Cengkareng," Jelas Rachel sambil menghela nafas panjang karena terharu.

Rachel Venya Himpun Donasi Cegah Corona, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 1 MFoto Rachel Vennya. Foto: Dok. Instagram @rachelvennya.



Dana yang terkumpul melebihi target, Rachel berencana untuk menaikan jumlah target agar dapat membantu secara menyeluruh dalam membantu upaya para tenaga medis yang sedang menangani pasien virus Corona.

"Jadi aku mikir nggak bisa deh stop begitu saja. Bismillah aku mau naikin target donasi. Insya Allah dari rumah saja kita bisa ngasih bantuan positif ke semua tenaga kesehatan yang lagi berjuang. Sekali lagi terimakasih dan stay safe everyone!" ungkap Rachel.

Fara Devana selaku humas Kitabisa.com saat dihubungi oleh Wolipop mengaku kagum dan terkejut atas inisiatif Rachel untuk mengumpulkan dana yang tidak sedikit jumlahnya itu.

"Jadi Rachel Vennya inisiasi buka galang dana sendiri, maka kemarin malam dibuatlah halaman galang dana Rachel Vennya yang ini https://kitabisa.com/campaign/bersamacegahcovid19. Ini pengumpulan donasi tercepat di Kitabisa.com untuk dalam isu Corona. Bahkan halamannya baru dibuka jam 19.00 wib kemarin. Hari ini Selasa (17/3/2020) jam 14.00 siang sudah terkumpul Rp 1,1 Miliar. Kita semua juga kaget dan keren banget kekuatan masyarakat Indonesia dalam membantu sesama tidak bisa diragukan lagi," pungkas Fara.

Rachel Venya Himpun Donasi Cegah Corona, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 1 MFoto Rachel Vennya. Foto: Dok. Instagram @rachelvennya


Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)