Pengakuan Sosialita Vietnam yang Terinfeksi Virus Corona

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 13 Mar 2020 18:19 WIB
Nga Nguyen arrives for the 2018 Met Gala on May 7, 2018, at the Metropolitan Museum of Art in New York. - The Gala raises money for the Metropolitan Museum of Arts Costume Institute. The Galas 2018 theme is Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination. (Photo by Hector RETAMAL / AFP) Nga Nguyen, sosialita Vietnam yang terinfeksi virus corona. (Foto: Hector RETAMAL / AFP)
Paris -

Sempat dikabarkan positif virus corona, sosialita Vietnam Nga Nguyen akhirnya angkat bicara. Bagaimana kondisi kesehatan Nga Nguyen sebenarnya?

Pekan lalu, nama Nga Nguyen menjadi pemberitaan karena disebut sebagai salah satu pasien virus corona. Kabarnya, perempuan 36 tahun itu positif mengidap COVID-19 sepulang dari Paris dan Milan Fashion Week.

Kepada New York Times, Nga Nguyen membenarkan dirinya terinfeksi virus corona. Namun, terdapat beberapa kabar burung yang menurutnya tak sesuai fakta.

Pengakuan Sosialita Vietnam yang Terinfeksi Virus CoronaSebagai sosialita, Nga Nguyen kerap eksis di berbagai acara kelas atas. Setelah menghadiri Milan dan Paris Fashion Week baru-baru ini, ia positif terinfeksi virus corona. (Foto: Instagram)



"Orang bilang saya pulang (ke Vietnam), dan sudah tahu (positif corona) saat menghadiri fashion show. Keduanya salah besar. Ada yang bilang, saya manja dan karena suka memamerkan belahan dada, saya kena corona," demikian klarifikasi Nga Nguyen, Rabu (11/3/2020).

Sorotan media lantas memicu hujatan di media sosial terhadap Nga Nguyen. Seorang netizen melabelinya 'infector' (penyebar virus) sebagai pengganti 'influencer' sebagaimana Nga Nguyen dikenal. Media Inggris The Sun bahkan menyebutnya 'super-spreader' karena diduga menyebabkan 9 orang yang satu pesawat dengannya terjangkiti virus corona.

Menanggapi hal tersebut, Nga Nguyen sangat menyayangkannya tapi ia mencoba untuk tetap berlapang dada. "Pastinya ada ketakutan besar di antara kita, tapi menurut itu lebih disebabkan oleh asumsi dan fantasi dari beberapa situasi yang sudah terjadi," tambah Nga Nguyen yang terpaksa menutup akun Instagram-nya menyusul kabar tersebut.

Menurut pengakuannya, Nga Nguyen melakukan perjalan ke Milan dan Paris sebelum hasil tes menyatakan dirinya positif virus corona.

Dari London, Inggris, ia terbang ke Milan, Italia, bersama kakaknya pada 18 Februari untuk menghadiri fashion show Gucci keesokan harinya. Mereka menetap kurang dari 48 jam di kota mode dunia tersebut. Nga Nguyen enggan merinci nama hotel dan pesawat yang dipakainya demi melindungi bisnis mereka.

Pengakuan Sosialita Vietnam yang Terinfeksi Virus CoronaDi Milan Fashion Week, Nga Nguyen memenuhi undangan fashion show Gucci Fall 2020. (Foto: AP Photo/Luca Bruno)


Fashion Show Gucci koleksi Fall 2020 yang juga dihadiri penyanyi K-Pop IU menjadi yang pertama buat mereka berdua. "Saya sangat takjub dan kagum," kata Nga Nguyen tentang peragaan busana tersebut.

Kala itu, tambah Nga Nguyen, orang-orang di sekitarnya belum terlalu mempermasalahkan virus corona. Baru pada 20 Februari, pemerintah Italia mengumumkan kasus virus corona pertamanya di Lombardyu.

Dari Milan, mereka kembali ke London sebelum akhirnya ke Paris, Prancis, pada 25 Februari untuk memenuhi undangan fashion show Saint Laurent. Peragaan yang digelar dalam rangkaian Paris Fashion Week itu bertaburan bintang, seperti Hailey Baldwin-Bieber, Brooklyn Beckham dan Zoe Kravitz.

Di waktu yang sama, Italia sudah darurat virus corona tapi belum sampai status 'lockdown'. "Kami merasa baik-baik saja ketika itu. Saya pergi ke gym dan bekerja seperti biasanya," ungkap penyandang gelar sarjana ilmu politik dari King's College, London, itu.

Fashion show Saint Laurent di Paris Fashion Week yang dihadiri Nga Nguyen sebelum positif virus corona.Fashion show Saint Laurent di Paris Fashion Week yang dihadiri Nga Nguyen sebelum positif virus corona. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP/Vianney Le Caer)



Beberapa hari kemudian, kakaknya pulang ke Vietnam. Lalu, Nga Nguyen melakukan perjalanan bisnis pada 2 Maret. Sejak itu, kondisi kesehatan Nga Nguyen mulai menunjukkan tanda-tanda virus corona seperti batuk dan suhu badan yang naik-turun.

Keesokan harinya, ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona. "Awalnya saya bingung dan mulai berpikir bagaimana dan kapan saya kena," kata Nga Nguyen yang saat ini sedang menjalani karantina di salah satu rumah sakit di Eropa.

Setelah hasil tersebut, Nga Nguyen lalu menghubungi semua orang yang pernah melakukan kontak dengannya. Mulai dari keluarga, teman, makeup artist, sampai fotografer. Pihak Gucci dan Saint Laurent juga sudah dikabari Nga Nguyen langsung terkait kondisi kesehatannya.

Kakak Nga Nguyen dinyatakan tertular virus corona. Namun untungnya, menurut pengakuan Nga Nguyen, Gucci dan Saint Laurent telah mengonfirmasi bahwa stafnya dalam keadaan sehat.

Nga Nguyen di MET Gala 2018.Nga Nguyen di MET Gala 2018. (Foto: AFP)



"Meski sudah 21 hari berlalu setelah fashion show, ketika kami mendapat informasi soal kondisi Nyonya Nguyen yang terinfeksi virus corona, kami telah memberi tahu semua tamu yang duduk dekat Nyonya Nguyen. Mereka berterima kasih dan mengatakan dalam kondisi sehat," ujar juru bicara Gucci. Saint Laurent menolak memberi pernyataan atas alasan privasi tamu.

Saat ini, Nga Nguyen sedang menunggu hasil tes terbaru yang akan dirilis Senin depan. Harapannya, tes tersebut menyatakan tubuhnya negatif virus corona. Bila sudah sembuh sekalipun, ia berencana untuk tetap tinggal di rumah sakit hingga kondisi tubuhnya benar-benar prima.

Ia juga memastikan akan absen di MET Gala 2020 yang tetap berlangsung di tengah kewaspadaan akan virus corona. Sudah dua kali ia menjadi tamu perhelatan fashion tahunan terakbar yang digelar di New York City, AS.

Lalu bagaimana soal nasib media sosialnya?

"Saat hidup saya sudah benar-benar normal setelah sembuh, saya akan mengembalikannya," ujar dia.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)