Puteri Indonesia 2020

Cerita di Balik Layar Kemenangan 3 Puteri Indonesia 2020

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 10 Mar 2020 11:34 WIB
officialputeriindonesia Ajang pemilihan Puteri Indonesia 2020. Foto: Grandyos Zafna/Detikcom
Jakarta -

Puteri Indonesia adalah kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 1992 oleh Yayasan Puteri Indonesia yang diketuai oleh Mooryati Soedibyo. Pada malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2020 pada Jumat (6/3/2020) pekan kemarin, terpilih Raden Roro (Rr) Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur sebagai juara Puteri Indonesia 2020. Dan gelar Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020 diraih Putu Ayu Saraswati dari Bali, dan Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 adalah finalis Jawa Tengah, Jihane Almira Chedid.

Berbincang dengan Wolipop untuk program D'Happening, Ayu Maulida, Putu Ayu dan Jihane Almira, berbagi cerita di balik layar kemenangan mereka. Ketiganya mengungkap apa saja kebersamaan yang dijalani selama masa karantina dan alasan mengikuti ajang Puteri Indonesia 2020.

Bagi Ayu Maulida, menjadi Puteri Indonesia adalah impian terbesarnya sejak kecil. Dia sebelumnya juga pernah mengikuti ajang Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 dan meraih gelar Runner Up 1.

Cerita di Balik Layar Kemenangan 3 Puteri Indonesia 2020 Jihane Almira, Ayu Maulida dan Putu Ayu. Foto: Rengga Sencaya/Detikcom


"Kalau mengikuti ajang puteri Indonesia sendiri merupakan cita-cita saya dari kecil. Jadi ya memang work hard what do you looking for, what you have to do. Jadi dari sana saya ingin mengikuti ajang ini dari 2017. Dan di sana saya mendapatkan pengalaman yang berharga untuk belajar lebih banyak lagi dan belajar dari kegagalan yang sebelumnya terjadi. What to improve, what to learn more, what you looking for, what you represent to the judge, what story want you give to them," kata wanita yang akrab disapa Ayuma itu.

Saat itu, pada 2017, Ayuma belum menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Ibunya pun berpesan dia menyelesaikan kuliahnya terlebih dulu sebelum mantap meneruskan langkahnya di ajang Puteri Indonesia.

"Jadi aku ikut memang rezekinya stop sampai di first runner up. Sampai saya sudah lulus mama langsung bilang kalau sudah lulus ikut Puteri Indonesia lagi aja. Padahal awalnya saya sempat maju mundur. Dan merasa wah banyak banget nih yang kayaknya bakalan berat banget karena banyak favoritnya. Aku merasa insecure dan down. Dan dari sana mama bilang coba aja dulu dan belajar. Lalu saya coba, doa ibu, restu ibu, keinginan, harapan, kerja keras dan cita-cita akan bisa selaras selama kita berusaha," kata Ayuma kepada Wolipop pada Minggu (8/3/2020).

Cerita di Balik Layar Kemenangan 3 Puteri Indonesia 2020Foto: Rengga Sencaya/Detikcom


Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020 atau Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati menceritakan pengalamannya mendaftarkan diri untuk mengikuti Puteri Indonesia 2020. Kata Ayu, dia mendaftar di saat detik terakhir pendaftaran akan ditutup.

"Sebenarnya formulir aku baru sampai di Graha Mustika ratu hari Jumat saat sore, Seninnya sudah interview," ujarnya.

Ayu menjelaskan lebih lanjut alasannya akhirnya mengikuti Puteri Indonesia 2020. Wanita asal Bali itu ingin memberikan nilai lebih untuk dirinya sendiri setelah lulus sebagai sarjana kedokteran.

"I just graduated medical school, aku ingin apa yang aku lakukan bisa memberikan value untuk diriku dan orang lain. So, pas banget tahun pertama aku di Jakarta, lalu tahun pertama Puteri Indonesia bali seleksinya di pusat setelah 18 tahun. Pas banget aku lagi break internship, aku mencoba tapi ternyata Tuhan memberikan kesempatan aku untuk berada di sini bersama dengan teman-teman. Dan bekerja selama satu tahun ke depan bersama-sama dengan teman YPI Juga," kata Ayu.

Cerita di Balik Layar Kemenangan 3 Puteri Indonesia 2020 Putu Ayu, Jihane Almira dan Ayu Maulida. Foto: Rengga Sencaya/detikcom



Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 dari Jawa Tengah, Jihane Almira Chedid mengaku jika ia sempat ragu-ragu untuk mandaftarkan diri di ajang pemilihan Puteri Indonesia 2020. Jihane merasa dirinya terlalu tomboy untuk menjadi seorang Puteri Indonesia. Namun ayahnya yang mendorongnya untuk mengikuti kontes kecantikan.

"Kalau motivasinya untuk mengikuti ajang merupakan cita-cita dari kecil juga. Dan itu berawal dari ayah yang suka nonton beauty pageant. Dan saya memang anak tunggal," ujarnya.

Kini Jihan bersama Ayuma dan Putu Ayu sudah berhasil mewujudkan impian mereka menjadi Puteri Indonesia 2020. Ketiganya pun akan mengemban tugas mengharumkan nama Indonesia di kontes kecantikan internasional.

Ayuma, Putu Ayu dan Jihan juga sempat mengungkapkan meski mereka bersaing untuk menjadi juara Puteri Indonesia 2020, selama masa karantina, rasa persaingan tersebut tidak mereka rasakan. "Kita merasa dari awal sudah tidak ada persaingan dan saling berkompetisi," kata Ayuma. "




Simak Video "Potret Raden Roro Ayu Maulida Putri Juara Puteri Indonesia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)