Pesona 11 Finalis Puteri Indonesia 2020, dari DKI Jakarta dan Jawa

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 29 Feb 2020 07:11 WIB
Jihane Almira Finalis Puteri Indonesia 2020. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Finalis Puteri Indonesia 2020 sudah terpilih. Total, 39 perempuan dari 34 provinsi yang mengikuti kontes kecantikan yang memasuki tahun ke-24 ini. Mereka merupakan para pemenang audisi Road To Puteri Indonesia 2020 yang digelar di kota asal finalis.

Para kontestan Puteri Indonesia 2020 datang dari berbagai latar pendidikan dan profesi. Ada yang mengenyam pendidikan mode hingga teknik, ada pula yang bekerja sebagai dokter, model, pengusaha, aktris karyawati dan pilot.

Dari pulau Jawa sendiri, terdapat 11 finalis Puteri Indonesia 2020. Enam mewakili DKI Jakarta, sisanya merupakan representasi dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.



Berikut profil singkat finalis Puteri Indonesia 2020 dari Pulau Jawa:


Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 1

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 1Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 1 Foto: Instagram



Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 1 bernama Stephanie Cecillia Munthe. Dalam profilnya di situs Puteri Indonesia, Stephanie Cecillia Munthe disebut berprofesi sebagai dokter gigi tapi juga memiliki latar belakang pendidikan di bidang komunikasi.

Perempuan 25 tahun ini sangat berhasrat dalam mengembangkan sistem kolaborasi di healthcare ecosystem. Ia pun aktif di beberapa organisasi sosial sebagai Founder of Mediccation (Medical Talk and Communication), Head of Public Health Department Rumah Millenial dan Sie Marketing AWMI (Asosiasi Wisata Medis Indonesia).



Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 2

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI 2Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI 2 Foto: Instagram



Ayu Afni Dwisamudra mewakili DKI Jakarta 2 di ajang yang digelar Yayasan Puteri Indonesia ini. Semasa sekolah, ia pernah menjadi anggota paskibraka dan OSIS. Sebelum berkarier di salah satu perbankan milik BUMN, penyuka gado-gado ini mengenyam pendidikan teknik di bangku kuliah.

Sembari bekerja, Afni yang saat ini berusia 24 tahun ini terlibat aktif di organisasi Spirit of Millennial. Ia berharap, organisasi ini menjadi tempat bagi generasi muda BUMN termasuk dirinya untuk bisa menyalurkan kontribusi ke masyarakat secara langsung.


Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 3

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 3 Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 3 Foto: Instagram


Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 3 adalah Dinda Amalianingsih. Pernah gagal mengikuti audisi Puteri Indonesia 2019, bungsu dari lima bersaudara ini pantang menyerah untuk mencoba lagi.

Mengambil jurusan psikologi di bangku kuliah, Dinda juga mengabdikan diri dalam layanan psikologi berbasis digital "Ibunda". Mengklaim diri sebagai pejuang kesehatan mental, perempuan 24 tahun ini peduli pada masalah stres di kalangan anak muda karena pengaruh buruk media sosial. Di waktu senggang, ia senang melakoni hobinya seperti memasak, crafting, kulineran dan menyanyi.



Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 4

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 4Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 4 Foto: Instagram


Ermaly Aminah Erwinputri merupakan Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 4. Meniti karier di sebuah perusahaan rintisan berbasis aplikasi olahraga bernama Strongbee, Ermaly sangat menaruh perhatian pada pentingnya kesehatan fisik.

Tak hanya itu, masalah lingkungan juga menjadi perhatian utama perempuan 23 tahun yang bergelar sarjana humaniora ini. Ia pun ingin menjadikan Puteri Indonesia sebagai wadah untuk memberikan informasi dan membuka diskusi mengenai kondisi lingkungan di Indonesia, baik area rural maupun urban. Menurut dia, kedua daerah tersebut membutuhkan perhatian demi mengurangi dampak global warming.


Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 5

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 5Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 5 Foto: Instagram



Hillary Masrin tumbuh dewasa sembari menyaksikan ajang kecantikan. Ikut Puteri Indonesia sudah menjadi impiannya sejak kecil. Ia sudah bertekad untuk mendaftar Puteri Indonesia setelah lulus SMA, tapi gagal karena harus melanjutkan pendidikannya di luar negeri.

Setelah berhasil meraih gelar sarjana psikologi dan manajemen bisnis di New York, fans Raisa ini kembali mengejar impiannya: menjadi Puteri Indonesia. Hillary yang saat ini berusia 23 tahun merupakan anggota aktif Happy Hearts Indonesia atau Yayasan Hati Gembira Indonesia. Organisasi nirlaba ini bertujuan membangun kembali sekolah-sekolah untuk anak-anak yang terkena dampak bencana alam dan masyarakat di daerah tertinggal.


Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 6

Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 6Finalis Puteri Indonesia 2020 DKI Jakarta 6 Foto: Instagram



Namanya Gabriella Devita Febiola, atau biasa dipanggil Gaby. Perempuan 22 tahun ini pernah terpuruk karena mengalami depresi berat. Berangkat dari pengalaman hidup yang pahit itu, Gaby termotivasi untuk mengikuti ajang Puteri Indonesia 2020 dan mengangkat advokasi terkait kesehatan mental. Menurut penyuka nasi padang ini, kesehatan mental masih cukup tabu di Indonesia sehingga menimbulkan stigma-stigma yang tak berdasar.

Di luar itu, Gaby sangat berhasrat di industri perhotelan sampai akhirnya berkarier di sebuah hotel bintang lima di Auckland, Selandia Baru. Ia juga hobi bernyanyi dan bermain piano dan gitar.



Finalis Puteri Indonesia 2020 Banten

Finalis Puteri Indonesia 2020 BantenFinalis Puteri Indonesia 2020 Banten Foto: Instagram



Ratu Lucky Nitibaskara termotivasi ikut Puteri Indonesia 2020 karena ingin mengajak para wanita untuk belajar menerima kekurangan dan mencintai diri sendiri. Pernah mendapat komentar negatif tentang penampilan fisiknya, dokter 25 tahun ini pun belajar bahwa kecantikan datang dari keanekaragaman.

Lucky, begitu panggilan akrabnya, pernah terpilih sebagai Kepala Divisi Pariwisata, Seni, dan Budaya di Badan Koordinasi Pembentukan Provinsi Banten. Pada 2019, ia membangun advokasinya yaitu Embrace Imperfections Campaign. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri wanita, untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, menerima ketidaksempurnaan mereka dan untuk berkontribusi kepada masyarakat.




Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Barat

 Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Barat Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Barat Foto: Instagram



Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Barat bernama Jeanatasia Kurnia Sari dan berprofesi sebagai dokter. Sudah dua kali gagal saat mengikuti audisi Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat, ia akhirnya terpilih tahun ini.

Bagi Jean, hakikat seorang Puteri Indonesia adalah membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membuat sebuah perubahan sosial menjadi yang lebih baik seperti misi hidupnya. Dalam tiga tahun terakhir, perempuan 25 tahun ini aktif melakukan edukasi ke berbagai kalangan wanita mengenai kanker serviks, pencegahan hingga pengobatannya.



Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah

Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah Foto: Dok. Instagram @jihanealmira


Aktris dan model Jihane Almira menjadi wakil Jawa Tengah di ajang Puteri Indonesia 2020. "Sebenarnya impian untuk kontes ini sudah dari kecil, tapi mungkin waktu itu aku masih terlalu muda, ayah juga bilang harus fokus ke sekolah dulu. Sampai akhirnya aku jadi model dan aktris. Mungkin saya nggak menemukan kesempatan ini kalau bukan profesi itu. Semesta seperti mendukung," kata perempuan 20 tahun itu saat ditemui Wolipop seusai jumpa pers Puteri Indonesia 2020 baru-baru ini.

Di balik perawakannya yang anggun, Jihane Almira yang memiliki darah Lebanon ternyata menyukai olahraga tinju. Sudah tiga tahun terakhir ini ia menekuni tinju. Untuk sesi malam bakat Puteri Indonesia, Jihane bahkan akan memamerkan aksi tinjunya. "Awalnya memang suka extreme sport, dari kecil sudah terbiasa aktif. Di saat cewek kebanyakan sukanya dance, aku malah sukanya sepak bola. Terus lama-lama sregnya sama tinju. Sempat 2018 mau dilibatkan di Asian Games, tapi orangtua takut karena aku anak satu-satunya," kata Jihane.




Finalis Puteri Indonesia 2020 D.I Yogyakarta

Finalis Puteri Indonesia 2020 D.I YogyakartaFinalis Puteri Indonesia 2020 D.I Yogyakarta Foto: Instagram


Ervina Nathasia mewakili D.I Yogyakarta di ajang Puteri Indonesia 2020 D.I Yogyakarta. Semasa TK, Ervina pernah menjadi korban bullying karena kulitnya yang berwarna gelap. Pengalaman tersebut lantas dijadikannya bahan renungan bawah bahwa kecantikan merupakan sebuah anugerah yang dimiliki setiap wanita, yang harus dirawat dan dipelihara.

Baginya, Kecantikan bukan cuma soal fisik ,tapi juga hati dan pikirannya. Vina percaya bahwa Puteri Indonesia merupakan sosok yang cantik luar dan dalam serta dapat dijadikan panutan bagi semua orang, anggun namun tangguh dan pantang menyerah, yang siap untuk berkontribusi untuk negara.




Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Timur

Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa TimurFinalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Timur Foto: Instagram


Finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Timur bernama Rr Ayu Maulida Putri. Pemegang sarjana hukum ini sudah mengecap karier sebagai model sejak usia 14. Dunia modeling lantas membentuk dia menjadi pribadi yang pantang menyerah berani dan mandiri.

Ayuma, begitu ia akrab disapa, ini memiliki advokasi bernama Senyum Desa yang didirikannya bersama teman pada 2018. Tujuannya untuk mencari solusi dari permasalahan desa dengan program-program yang mereka buat meliputi pemberdayaan perempuan dan anak-anak desa. Mereka juga memberikan pembekalan tentang pentingnya pendidikan dengan memberikan penyuluhan dan seminar dan memberikan bantuan fasilitas fasilitas Pendidikan seperti buku dan perpustakaan mini.






Simak Video "Potret Raden Roro Ayu Maulida Putri Juara Puteri Indonesia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/eny)