Citra Kirana Hamil, Ini yang Dialami di Trimester Pertama Kehamilan

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 28 Feb 2020 10:39 WIB
citra kirana Citra Kirana dan Rezky Aditya. Foto: Instagram
Jakarta -

Citra Kirana mengumumkan kehamilannya setelah ia dinikahi Rezky Aditya pada 1 Desember 2019. Wanita yang akrab disapa Ciki itu pun memberikan kabar kehamilannya di channel Youtubenya, Kamis (27/2/2020). Dalam vlognya tersebut Citra Kirana dan Rezky tengah berada di Paris, Prancis.

Pada video Youtube berjudul 'Mama Citra dan Papa Rezky', Citra Kirana pada awalnya mengaku tidak enak badan. Ia kemudian melakukan tes kehamilan dengan test pack yang memang sudah dibawanya dari Indonesia.


Saat melakukan test pack, wanita yang akrab disapa Citra Kirana itu tampak khawatir dengan hasilnya. Wanita 25 tahun itu pun mengaku deg-degan. Setelah menunggu tiga menit, hasil yang diharapkaannya pun terjawab.

Citra Kirana Hamil, Ini yang Dialami di Trimester Pertama KehamilanFoto: Citra Kirana Hamil Anak Pertama. YouTube Citra Kirana



Citra Kirana resmi hamil anak pertama. "Eh eh yes. Alhamdulillah, yes jawabannya," kata Citra sambil memperlihatkan hasil tes kehamilannya dengan senyum bahagia.

Citra Kirana yang kini sudah berhijab itu pun berencana untuk memberitahu Rezky Aditya dengan cara yang spesial. Ia memberikan kejutan dengan memberitahunya saat makan malam di dekat Menara Eiffel.

Saat makan malam berlangsung, Ciki lalu memberitahu sang suami. Pada awalnya ia meminta Rezky untuk menutup matanya. "Kamu siap nggak punya anak, aku hamil," kata Ciki.

Rezky pun langsung memeluk sang istri. Tampak pesinetron 35 tahun itu terharu bahagia.

Saat ini Citra Kirana masih dalam trimester pertama kehamilan. Pada awal-awal bulan kehamilan ini sering jadi hal menakutkan bagi wanita. Agar tidak kaget, inilah hal-hal yang akan dilewati pada trimester pertama.

Berdamai dengan Mual
Trimester pertama kehamilan (1-3 bulan) biasanya identik dengan mual dan muntah di pagi hari. Rasa mual ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan, HCG.

Sedihnya, mual dan muntah tidak hanya datang di pagi hari. Pada beberapa wanita, dua rasa tidak enak itu bisa datang sepanjang hari, tanpa diduga-duga.

Jika mual dan muntah ini sudah sangat mengganggu kegiatan Anda, konsultasikanlah ke dokter kandungan. Biasanya dokter akan memberi obat yang bisa mengurangi rasa mual tersebut. Selain obat dari dokter, selalu sediakan permen mint atau permen karet di dekat Anda. Makan dalam jumlah sedikit setiap beberapa jam juga bisa membuat perut tetap nyaman. O'ya, para calon ibu juga harus banyak minum air agar tidak kekurangan cairan karena terlalu sering muntah.


Payudara Mulai Sakit
Rasa sakit karena payudara mulai membengkak juga akan muncul di tiga bulan pertama kehamilan. Namun rasa sakit ini tidak akan terlalu mengganggu. Agar rasa sakit tersebut tidak semakin menjadi-jadi, mulailah membeli bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Pakai juga baju yang tidak terlalu sempit di bagian dada.

Pola Tidur & Makan
Beberapa wanita hamil akan mudah terlelap di malam hari. Trimester pertama kehamilan membuat mereka merasa lelah sehingga, tidur jadi hal yang paling didambakan.

Perubahan pola makan juga akan terjadi di trimester pertama kehamilan. Mual di pagi hari menyebabkan Anda melewati sarapan. Jika ini terjadi, cobalah ngemil makanan ringan seperti biskuit sayuran atau buah-buahan jelang makan siang.

Kalau Anda tiba-tiba ingin makan sesuatu di luar jam makan, jangan khawatir, penuhi saja keinginan tersebut. Namun harus tetap diingat, makanlah makanan yang sehat.

Semua ketidaknyamanan yang terjadi di trimester pertama kehamilan ini akan berakhir di minggu pertama usia kehamilan Anda memasuki 13 minggu. Begitu masuk trimester kedua, siap-siaplah ucapkan selamat tinggal pada rasa mual dan muntah.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)