10 Fakta Puteri Indonesia 2020, Harga Tiket Hingga Jumlah Finalis

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 27 Feb 2020 18:02 WIB
Pemilihan Puteri Indonesia 2020 Para finalis Puteri Indonesia 2020 mulai menjalani masa karantina. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom))
Jakarta -

Siapa yang menantikan Pemilihan Puteri Indonesia 2020? Yayasan Puteri Indonesia (YPI) menggelar kembali kontes kecantikan yang melombakan para perempuan berbakat dari seluruh Indonesia ini.

Puteri Indonesia 2020 sendiri merupakan ajang tahunan ke-24 yang diadakan YPI. Dari tahun ke tahun, Puteri Indonesia pun terus melalui perubahan dan perkembangan. Tanpa terkecuali Pemilihan Puteri Indonesia 2020 ini.

Berikut 10 fakta ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020:


1. Jumlah Peserta

Puteri Indonesia 2020 diikuti 39 finalis yang mewakili 34 provinsi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perwakilan DKI Jakarta terdiri dari enam orang finalis. Para kontestan Puteri Indonesia 2020 datang dari berbagai latar pendidikan dan profesi. Ada yang mengenyam pendidikan mode hingga teknik, ada pula yang bekerja sebagai dokter, model, pengusaha, aktris, karyawati dan pilot.

Salah satu kontestan yang berpartisipasi adalah Jihane Almira, Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah. Sebelumnya, Jihane dikenal sebagai model dan aktris yang sempat menjadi bintang utama serial 'Gossip Girl Indonesia'.


2. Promosi NTT

Berbeda dari tahun sebelumnya, Puteri Indonesia 2020 mengusung Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tema besar. NTT, khususnya Labuan Bajo, merupakan satu dari lima tempat wisata Indonesia yang pemerintah masukkan dalam 5 Pariwasata Super Prioritas.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani berharap tema Puteri Indonesia 2020 dapat turut mendukung upaya pemerintah dalam mempromosikan keindahan alam dan kekayaan budaya NTT.

10 Fakta Puteri Indonesia 2020, Harga Tiket Hingga Jumlah FinalisJihane Almira, finalis Puteri Indonesia 2020 Jawa Tengah. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)



3. Road to Puteri Indonesia - Prakarantina

Mengingat NTT menjadi tema besar Puteri Indonesia 2020, prakarantina pun berlangsung di provinsi tersebut pada 23-24 Februari. Ini adalah kali pertama Puteri Indonesia menggelar prakarantina di luar Jakarta.

Adapun agenda acara meliputi kunjungan para finalis Puteri Indonesia 2020 ke panti asuhan bagi anak-anak disabilitas bernama ST Damian Binongko, lalu tempat wisata Gua Batu Cermin, dan terakhir mengikuti perayaan Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Manggarai Barat.


4. Karantina

Setelah prakarantina, finalis Puteri Indonesia 2020 memasuki masa karantina pada 26 Februari - 6 Maret. Mereka akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang mencakup kelas kecantikan bersama Mustika Ratu, kelas koreografi, pembekalan dari Google Digital Marketing, kelas table manner dan etika berbusana.

Seperti tahun sebelumnya, finalis Puteri Indonesia 2020 juga akan mengikuti sesi bersama instansi negara, di antaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

5. Gelar

Berikut beberapa gelar yang diperebutkan para finalis: Gelar Puteri Indonesia 2020, Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia dan Puteri Indonesia Favorit Media Sosial Kepulauan

6. Hadiah

Top 3 Puteri Indonesia 2020 bakal membawa pulang hadiah berupa beasiswa S2 dari PPM di samping mewakili Indonesia di ajang internasional seperti Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational. Sementara itu, tiga Puteri Indonesia Intelegensia berhak mendapatkan beasiswa penuh dari IPMI Business School.

10 Fakta Puteri Indonesia 2020, Harga Tiket Hingga Jumlah FinalisPenasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani dan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)



7. Penilaian

Kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (penampilan menarik) dan Behavior (perilaku baik) menjadi parameter utama di ajang Puteri Indonesia 2020. Saat masa karantina, para peserta akan menjalani sesi psikotes untuk mengetahui karakteristik 3B tersebut.

Penilaian akan dilakukan oleh juri utama yang namanya akan diperkenalkan saat malam final. Namun, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam voting secara online.


8. Malam final

Malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akan digelar di Jakarta Convention Center pada Jumat (6/3/2020). Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi, Miss International 2019 Sireethorn Leearamwat dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild akan menghadiri acara tersebut.

9. Harga Tiket

Pemilihan Puteri Indonesia 2020 dapat disaksikan secara langsung dengan membeli tiket masuk. Tiket hanya dijual di Lazada. Harganya Rp 375 ribu per tiket untuk kelas tribun.

10. Desainer Indonesia

Sejumlah nama desainer ternama dan perancang muda berbakat digandeng untuk mempersiapkan busana para finalis Puteri Indonesia 2020. Sebut saja Anne Avantie, Defrico Audy, Eko Tjandra dan Intan Avantie. Busana yang didesain akan hadir dengan warna dan elemen khas NTT. Makeup artist langganan selebriti Bubah Alfian juga terlibat di acara ini.



Simak Video "Potret Raden Roro Ayu Maulida Putri Juara Puteri Indonesia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)